Ditetapkan Sebagai Tersangka Perzinaan, Bupati Katingan Terancam 9 Bulan Bui

0
55
Foto (Liputan6)

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Pekan lalu, Bupati Katingan Ahmad Yantenglie kepergok sedang bercinta dengan seorang wanita yang diketahui bekerja di salah satu rumah sakit Kalimantan Tengah.

Kini keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Kalimantan Tengah. Yatenglie dan FY dijerat dengan Pasal 284 KUHP tentang Perzinaan.

“Karena kasus ini dikenakan Pasal 284 KUHP, ancamannya 9 bulan, yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan,” jelas Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu, Jumat (6/1/2017), seperti dilansir dari Detik.

Dalam Pasal 284 KUHP disebutkan ancaman paling lama sembilan bulan penjara jika seorang pria atau wanita yang masih terikat hubungan pernikahan dengan pasangan masing-masing terbukti melakukan zina dengan pihak lain yang masih terikat hubungan pernikahan juga.

Tjahjo Kumolo selaku Mendagri mengatakan bahwa dirinya masih menunggu keputusan tetap sebelum memberhentikan Yatanglie. Namun jika hukuman dibawah lima tahun, Yantenglie tak dinonaktifkan sementara dari jabatan bupati sampai keputusan hukum tetap.

Kepala daerah yang langsung dinonaktifkan adalah yang tertangkap tangan karena narkoba atau korupsi.

(Vina)

There are no comments yet