Donald Trump: Rudal Antar Benua Korut Tidak Bisa Mencapai AS

0
97
Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump, (foto web)

AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.com : Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan, rudal antar benua (ICBM) yang sedang dikembangkan Korea Utara (Korut) tidak akan bisa mencapai AS.

“Korea Utara baru saja menyatakan, mereka sudah memasuki tahap akhir pembuatan senjata nuklir yang dapat mencapai wilayah AS. Itu tidak akan terjadi!” kata Trump melalui akun Twitter pribadinya, Senin (02/01/2017).

Pernyataan tersebut dilontarkan Trump setelah pemimpin tertinggi Korut Kim Jong Un, mengatakan negaranya akan segera menguji coba ICBM yang mereka kembangkan.

Diberitakan CNN, selama ini Trump dan sejumlah pejabat AS meragukan kemampuan Korut dalam mengembangkan senjata nuklir.

Namun, Kepala Komando Pasifik AS, Harry Haris menganggap ancaman Kim kali ini patut ditanggapi serius. Pasalnya, pada 2016 Korea Utara melakukan dua uji coba senjata nuklir.

Sementara itu AFP melaporkan, AS akan membutuhkan bantuan China untuk meredam ancaman Korut. China dikenal sebagai negara sekutu terkuat bagi Korut. Trump pun mengkritik China karena tidak menunjukkan gelagat akan membantu AS.

“China sudah mendapatkan sejumlah besar uang dan kekayaan AS dari perdagangan satu pihak, tapi tidak mau membantu masalah dengan Korea Utara ini. Bagus!” kata Trump.

(Agung/Yun)

There are no comments yet