Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Jadi Buncit

0
61
Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Jadi Buncit
Ilustrasi (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Mungkin kamu tidak menyadarinya, karena memang banyak hal yang menjadi penyebab perutmu menjadi buncit. Mungkin jika kamu sering mengonsumsi camilan-camilan yang mengadung gas dibawah ini adalah yang menjadi salah satu atau bahkan satu-satunya penyebab perutmu menjadi buncit, apa sajakah makanan dan minuman itu? yuk simak :

1. Permen karet
Saat mengunyah permen karet, secara tidak sengaja kamu juga menelan udara dari luar. Bukan hanya itu, kandungan gula karbohidrat buatan di dalam permen karet juga tidak mudah dicerna. Saat gula karbohidrat ini bertemu bakteri di dalam usus, maka akan menghasilkan gas di dalam perut dan bahkan menyebabkan sakit perut. Beberapa jenis gula alkohol seperti xylitol, mannitol, sorbitol, maltitol, dan erythritol sebaiknya kamu hindari.

2. Soda
Minuman soda jelas membuat perutmu buncit karena mengandung gas dan membuatmu sering bersendawa. Pelepasan gas di dalam perut akan membuat perutmu membesar dan penuh. Daripada minum minuman bersoda, sebaiknya minum air putih saja.

3. Bawang putih
Tidak termasuk cemilan sih, tapi bawang putih merupakan bumbu masakan bagi banyak makanan yang sering kamu konsumsi sehari-hari,  ternyata bawang putih dapat buat perutmu buncit karena termasuk makanan yang susah dicerna. Dan ketika diuraikan bakteri, bawang putih menghasilkan gas. Meski begitu, bawang putih masih termasuk makanan sehat kok.

4. Kopi
Tiap pagi minum kopi? Untuk kamu yang punya perut sensitif, kopi bisa mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan bengkak. Jika kamu menambahkan gula buatan, efeknya lebih parah. Jadi jika kamu merasa kembung setelah minum kopi, sebaiknya kurangi dari sekarang ya.

5. Popcorn
Popcorn memang camilan enak yang cocok sekali menemani kamu saat nonton film misalnya, tapi ternyata camilan ini bisa mengembang di perut. Semakin banyak kamu makan, semakin buncit perut karena hanya ada udara di dalam popcorn dengan nutrisi yang kurang. Kebayang kan, berapa banyak popcorn yang kamu konsumsi saat nonton film berdurasi 2 jam? karena makan popcorn memang susah berhenti.

(Cita Amalia)

There are no comments yet