Bank bjb Raih Penghargaan GCG - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Rabu, 20 September 2017
Search

Bank bjb Raih Penghargaan GCG

BANDUNG,FOKUSJabar.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang memiliki kinerja sangat baik dalam penerapan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

Bank bjb berhasil meraih penghargaan prestisius dengan predikat ‘Indonesia Trusted Companies’ di penghujung tahun 2016.

Penghargaan itu diberikan karena bjb berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) dengan baik berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Pemberian penghargaan itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Ajang penghargaan prestisius bagi perusahaan publik, BUMN, BUMD maupun perusahaan non publik itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA yang memberikan penghargaan berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb Agus Mulyana di Hotel Shangri-La, Jakarta (19/12/2016).

IICG adalah Assesor Independen yang melakukan penilaian GCG perusahaan di Indonesia setiap tahun.

Tahun ini, tema penilaiannya fokus pada GCG dalam perspektif keberlanjutan (sustainability) sebagai wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

“Sebagai salah satu perusahaan publik di sektor perbankan, bank bjb sangat berkomitmen menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai pijakan dalam menjalankan usahanya,” kata Agus Mulyana.

Dalam mewujudkan komitmen itu, seluruh elemen memberikan perhatian mendalam, sehingga pemangku kepentingan bisa melihat kestabilan dan berkelanjutan perusahaan.

“bank bjb telah membuktikan implementasi prinsip-prinsip GCG dalam menjalankan kegiatan usahanya, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan sehat,” jelas dia.

Menurut Agus, prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan dengan kinerja bank bjb yang mampu membukukan pencapaian gemilang di tengah kondisi industri yang terus terdampak belum stabilnya kondisi ekonomi saat ini.

Untuk diketahui, hingga September 2016 , bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55, 6 persen year ini year (y-o-y). Yang mana pertumbuhan kredit tercatat cukup baik yakni mencapai 15,7 persen (y-o-y).

Tidak hanya itu, bank bjb pun berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,7 persen.

Dari sisi permodalan, rasio kecukupan modal (CAR) naik menjadi 18,1 persen dan memberikan ruang cukup untuk ekspansi bisnis di masa yang akan datang.

Saat ini jumlah jaringan dan layanan bank bjb mencapai 2.291 jaringan dan layanan yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Melalui penghargaan yang diraih, bank bjb tertantang untuk terus melakukan terobosan dan inovasi yang dilandasi penerapan prinsip GCG, sehingga bisa terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham,” tegas dia.

Lebih lanjut Agus mengatakan, bank bjb sangat menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap tindakan yang diambil. Terlebih hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para pemangku kepentingan, seperti nasabah, investor, pemegang saham, masyarakat umum serta insan bank.

“Kepercayaan yang diberikan masyarakat selama ini terlihat dari kokohnya kinerja saham bank dengan kode emiten BJBR yang per-19 Desember 2016 ditutup di-level 3.040,” pungkasnya.

(LIN)

 




Iklan Ciamis



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Mahasiswa Harus Bijaksana Hadapi Faham Radikalisme

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) IAID Darussalam menggelar kegiatan seminar bertajuk Dialog Kabangsaan, menjaga Persatuan dan Kesatuan Indonesia...

Selengkapnya

Komunitas Hardolin Ciamis Siap Dukung Anjar Asmara

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Komunitas Hardolin Ciamis menyatakan dukungan kepada sosok muda Bakal Calon Bupati atau Wakil Bupati Ciamis, Anjar Asmara (AA). Hal tersbut...

Selengkapnya

Ketua The Jakmania Mendapat Sambutan Positif dari Bobotoh

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Ulang tahun Bobotoh Maung Bandung Bersatu (Bomber) ke-16 di Pusat Pendidikan Keuangan (Pusdikku) TNI Angkatan Darat, kawasan Gegerkalong Hilir,...

Selengkapnya

Donasi Lampaui Target, Antusias Bobotoh dan Masyarakat Tetap Besar

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Aksi Koin Untuk PSSI yang dilakukan oleh Viking Persib Club (VPC) sudah mencapai target Rp50 juta, bahkan dalam sharinghappiness.org Rumah...

Selengkapnya

Polisi Selidiki Motif Pelaku Pencabulan 34 Anak di Pangandaran

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com : Sebut saja Bunga, anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar ini mengaku pada orangtuanya jika dirinya telah diperlakukan asusila oleh...

Selengkapnya

Honda Jazz Tabrak Pemotor Hingga Tewas di Flyover Kiaracondong, Sopir Kabur

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Sekitar pukul 02.30 WIB dini hari tadi telah terjadi kecelakaan lalu lintas di jalan layang atau flyover Kiaracondong tepatnya di atas Jalan PSM...

Selengkapnya

Dewan Minta RS TMC Hentikan Aturan Uang DP ke Pasien

TASIKMALAYA, FOKUSJabar.com : Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya dengan tegas memohon dan meminta pihak RS Tasik Medical Citratama (TMC) Tasikmalaya menghentikan aturan...

Selengkapnya

Gak Mau Diomelin CCTV Bandung Kaya Gini? Patuhi Aturan!

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Seperti diektahui bahwa kini di Kota Bandung sudah memiliki Area Traffic Control System (ATCS) yang memantau lalu lintas melalui CCTV. Nah,...

Selengkapnya

Puluhan Kios di Pasar Leles Ludes Dilalap Api

GARUT, FOKUSJabar.com : Akibat hembusan angin yang sangat kencang membuat kobaran api terus membesar. Puluhan kios di Pasar Leles, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut ludes...

Selengkapnya

Sempat Gangguan, Telkom: Seluruh ATM Indonesia Sudah Pulih

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Seperti diketahui bahwa ribuan ATM mengalami gangguan hampir di seluruh Indonesia akibat imbas dari anomali Satelit Telkom 1. Namun gangguan...

Selengkapnya