Bank bjb Raih Penghargaan GCG - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Sabtu, 25 Februari 2017
Search

Bank bjb Raih Penghargaan GCG




BANDUNG,FOKUSJabar.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang memiliki kinerja sangat baik dalam penerapan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

Bank bjb berhasil meraih penghargaan prestisius dengan predikat ‘Indonesia Trusted Companies’ di penghujung tahun 2016.

Penghargaan itu diberikan karena bjb berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) dengan baik berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Pemberian penghargaan itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Ajang penghargaan prestisius bagi perusahaan publik, BUMN, BUMD maupun perusahaan non publik itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA yang memberikan penghargaan berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb Agus Mulyana di Hotel Shangri-La, Jakarta (19/12/2016).

IICG adalah Assesor Independen yang melakukan penilaian GCG perusahaan di Indonesia setiap tahun.

Tahun ini, tema penilaiannya fokus pada GCG dalam perspektif keberlanjutan (sustainability) sebagai wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

“Sebagai salah satu perusahaan publik di sektor perbankan, bank bjb sangat berkomitmen menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai pijakan dalam menjalankan usahanya,” kata Agus Mulyana.

Dalam mewujudkan komitmen itu, seluruh elemen memberikan perhatian mendalam, sehingga pemangku kepentingan bisa melihat kestabilan dan berkelanjutan perusahaan.

“bank bjb telah membuktikan implementasi prinsip-prinsip GCG dalam menjalankan kegiatan usahanya, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan sehat,” jelas dia.

Menurut Agus, prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan dengan kinerja bank bjb yang mampu membukukan pencapaian gemilang di tengah kondisi industri yang terus terdampak belum stabilnya kondisi ekonomi saat ini.

Untuk diketahui, hingga September 2016 , bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55, 6 persen year ini year (y-o-y). Yang mana pertumbuhan kredit tercatat cukup baik yakni mencapai 15,7 persen (y-o-y).

Tidak hanya itu, bank bjb pun berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,7 persen.

Dari sisi permodalan, rasio kecukupan modal (CAR) naik menjadi 18,1 persen dan memberikan ruang cukup untuk ekspansi bisnis di masa yang akan datang.

Saat ini jumlah jaringan dan layanan bank bjb mencapai 2.291 jaringan dan layanan yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Melalui penghargaan yang diraih, bank bjb tertantang untuk terus melakukan terobosan dan inovasi yang dilandasi penerapan prinsip GCG, sehingga bisa terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham,” tegas dia.

Lebih lanjut Agus mengatakan, bank bjb sangat menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap tindakan yang diambil. Terlebih hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para pemangku kepentingan, seperti nasabah, investor, pemegang saham, masyarakat umum serta insan bank.

“Kepercayaan yang diberikan masyarakat selama ini terlihat dari kokohnya kinerja saham bank dengan kode emiten BJBR yang per-19 Desember 2016 ditutup di-level 3.040,” pungkasnya.

(LIN)

 







Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Mobil Hias PDAM Tirta Intan Curi Perhatian Masyarakat Garut

GARUT, FOKUSJabar.com : Hari Jadi Garut (HJG) ke-204 diisi dengan sejumlah kegiatan untuk menampilkan karya terbaik seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Badan...

Selengkapnya

Pengacara Rizieq Tak Masalah Jika Polda Limpahkan Berkas ke Kejaksaan

BANDUNG, FOKUSJabar.com :  Tim Kuasa Hukum Habib Rizieq Syihab tidak mempermasalahkan jika polisi melimpahkan berkas perkara yang sudah lengkap ke kejaksaan atau...

Selengkapnya

Prof Yusril dan Mahfud MD, Siap Jadi Saksi Meringankan Rizieq

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Polda Jawa Barat menerima nama-nama saksi yang meringankan bagi tersangka kasus dugaan penistaan Pancasila, Habib Rizieq Shihab. Lima saksi...

Selengkapnya

Mutasi TNI 2017: Pangdam Jaya dan 25 Perwira Tinggi Dirotasi

JAKARTA, FOKUSJabar.com:  Mayjen TNI Teddy Lhaksmana W.K dimutasi dari Pangdam Jaya jadi Pati Mabes TNI AD. Selain itu, Letjen TNI Agus Sutomo, dari Dansesko TNI...

Selengkapnya

Jokowi Buka Sidang Tanwir Muhammadiyah di Ambon

JAKARTA, FOKUSJabar.com – Pembukaan Sidang Tanwir Muhammadiyah tahun 2017 di Islamic Center Ambon Maluku Jumat (24/2/2017) akan dibuka Presiden Joko Widodo. Jokowi...

Selengkapnya

Puluhan Karyawan Daux Cosmetik Cibatu Kesurupan Massal

GARUT, FOKUSJabar.com : Lagi, kesurupan massal terjadi menimpa puluhan karyawan pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Garut. Kali ini menimpa karyawan PT. Daux Cosmetik...

Selengkapnya

Diduga Jaringan Peredaran Narkoba dari Lapas, Oknum Ormas Bawa Ganja 2 Kg

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Polrestabes Bandung berhasil menangkap dua orang oknum ormas ketika sedang membawa ganja seberat dua kilogram. Ganja tersebut diambil dari...

Selengkapnya

Penjelasan BK DPRD Kabupaten Cirebon Terkait Dugaan Gratifikasi

CIREBON, FOKUSJabar.com : Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Cirebon menjelaskan, pemanggilan pegawai Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arjawinangun, Rakhmat terkait...

Selengkapnya

BREAKING NEWS! Hari Ini Bus Umum Boleh Melintas Jembatan Cisomang Cipularang

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Dinas Perhubungan Jawa Barat memastikan bus umum sudah bisa melintasi Jembatan Cisomang, Tol Cipularang per Kamis (23/2/2017) ini. Keputusan...

Selengkapnya

Berkat Medsos, Anak Hilang Ini Bertemu Orang Tuanya

GARUT, FOKUSJabar.com : Seorang anak bernama Fira bin Asep (7) warga Kampung Bendungan, RT01/02, Desa/Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang ditemukan seorang tukang...

Selengkapnya