Bank bjb Raih Penghargaan GCG - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Rabu, 29 Maret 2017
Search

Bank bjb Raih Penghargaan GCG

BANDUNG,FOKUSJabar.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang memiliki kinerja sangat baik dalam penerapan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).




Bank bjb berhasil meraih penghargaan prestisius dengan predikat ‘Indonesia Trusted Companies’ di penghujung tahun 2016.

Penghargaan itu diberikan karena bjb berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) dengan baik berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Pemberian penghargaan itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Ajang penghargaan prestisius bagi perusahaan publik, BUMN, BUMD maupun perusahaan non publik itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA yang memberikan penghargaan berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb Agus Mulyana di Hotel Shangri-La, Jakarta (19/12/2016).

IICG adalah Assesor Independen yang melakukan penilaian GCG perusahaan di Indonesia setiap tahun.

Tahun ini, tema penilaiannya fokus pada GCG dalam perspektif keberlanjutan (sustainability) sebagai wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

“Sebagai salah satu perusahaan publik di sektor perbankan, bank bjb sangat berkomitmen menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai pijakan dalam menjalankan usahanya,” kata Agus Mulyana.

Dalam mewujudkan komitmen itu, seluruh elemen memberikan perhatian mendalam, sehingga pemangku kepentingan bisa melihat kestabilan dan berkelanjutan perusahaan.

“bank bjb telah membuktikan implementasi prinsip-prinsip GCG dalam menjalankan kegiatan usahanya, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan sehat,” jelas dia.

Menurut Agus, prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan dengan kinerja bank bjb yang mampu membukukan pencapaian gemilang di tengah kondisi industri yang terus terdampak belum stabilnya kondisi ekonomi saat ini.

Untuk diketahui, hingga September 2016 , bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55, 6 persen year ini year (y-o-y). Yang mana pertumbuhan kredit tercatat cukup baik yakni mencapai 15,7 persen (y-o-y).

Tidak hanya itu, bank bjb pun berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,7 persen.

Dari sisi permodalan, rasio kecukupan modal (CAR) naik menjadi 18,1 persen dan memberikan ruang cukup untuk ekspansi bisnis di masa yang akan datang.

Saat ini jumlah jaringan dan layanan bank bjb mencapai 2.291 jaringan dan layanan yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Melalui penghargaan yang diraih, bank bjb tertantang untuk terus melakukan terobosan dan inovasi yang dilandasi penerapan prinsip GCG, sehingga bisa terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham,” tegas dia.

Lebih lanjut Agus mengatakan, bank bjb sangat menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap tindakan yang diambil. Terlebih hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para pemangku kepentingan, seperti nasabah, investor, pemegang saham, masyarakat umum serta insan bank.

“Kepercayaan yang diberikan masyarakat selama ini terlihat dari kokohnya kinerja saham bank dengan kode emiten BJBR yang per-19 Desember 2016 ditutup di-level 3.040,” pungkasnya.

(LIN)

 







Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Proyek Rumah Deret Taman Sari Rp120 M akan Dilelangkan

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan melakukan lelang beauty contest untuk pembangunan rumah deret di kawasan Taman Sari Kota Bandung. Proyek...

Selengkapnya

Ridho Rhoma Resmi Ditahan

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat AKBP Suhermanto menyatakan bahwa penyanyi dangdut Ridho Rhoma sudah resmi ditahan. “(Ridho) Sudah...

Selengkapnya

Empat Partai Sepakat Berkoalisi dalam Pilkada Ciamis

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Empat ketua partai di Kabupaten Ciamis, yaitu Partai Demokrat, Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrasi...

Selengkapnya

Dinasehati Kang Icep, Anjar Asmara Semakin Yakin Nyalon Bupati Ciamis

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis, Anjar Asmara (AA) memperlihatkan keseriusannya untuk maju menjadi Calon Bupati...

Selengkapnya

Anjar Asmara Memperkuat Silaturahmi dengan Pengusaha Muda

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Anjar Asmara (AA) terus melakukan penguatan silaturahmi dengan berbagai elemen masyarakat di Ciamis. Dalam seminggu ini didampingi pendukungnya,...

Selengkapnya

KPUD Kota Banjar Disulap Jadi “Puseur Atikan Demokrasi”

BANJAR, FOKUSJabar.com : Wali Kota Banjar, Hj Ade Uu Sukaesih meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPUD Kota Banjar, Senin (27/03/2017). Rumah pintar pemilu tersebut...

Selengkapnya
Maskapai Aviastar Siap Menanggung Biaya Asuransi Korban

Jelang Nyepi, Penerbangan Bandung-Bali Tak Terganggu

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Menjelang perayaan Hari Raya Nyepi, penerbangan menuju Pulau Bali dari Bandung hari ini tetap berlangsung secara normal. Manajer Operasional...

Selengkapnya

Ini Derita Iwan Korban Angin Puting Beliung di Banjar

BANJAR, FOKUSJabar.com: Iwan (35) warga RT 26 RW 10 Dusun Pasirleutik, Desa Mekarharaja, Kecamatan Purwaharja, hanya bisa pasrah. Rumahnya hancur lebur akibat angin...

Selengkapnya

Kemungkinan Besar Rudy-Helmi Kembali Berpasangan

GARUT, FOKUSJabar.com : Genderang “ perang “ Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 kini sudah menggema. Sejumlah Partai Politik (Parpol) mulai menjalin komunikasi...

Selengkapnya

Nasdem Kurang Meyakinkan, Emil Kasak-kusuk ke Independen

BANDUNG, FOKUSJABAR.COM :  Langkah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil maju di Pilgub Jabar memang tengah menjadi sorotan, bahkan dikabarkan Emil sapaan akrab Wali Kota...

Selengkapnya