Bank bjb Raih Penghargaan GCG - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Kamis, 19 Januari 2017
Search

Bank bjb Raih Penghargaan GCG




BANDUNG,FOKUSJabar.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang memiliki kinerja sangat baik dalam penerapan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

Bank bjb berhasil meraih penghargaan prestisius dengan predikat ‘Indonesia Trusted Companies’ di penghujung tahun 2016.

Penghargaan itu diberikan karena bjb berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) dengan baik berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Pemberian penghargaan itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Ajang penghargaan prestisius bagi perusahaan publik, BUMN, BUMD maupun perusahaan non publik itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA yang memberikan penghargaan berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb Agus Mulyana di Hotel Shangri-La, Jakarta (19/12/2016).

IICG adalah Assesor Independen yang melakukan penilaian GCG perusahaan di Indonesia setiap tahun.

Tahun ini, tema penilaiannya fokus pada GCG dalam perspektif keberlanjutan (sustainability) sebagai wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

“Sebagai salah satu perusahaan publik di sektor perbankan, bank bjb sangat berkomitmen menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai pijakan dalam menjalankan usahanya,” kata Agus Mulyana.

Dalam mewujudkan komitmen itu, seluruh elemen memberikan perhatian mendalam, sehingga pemangku kepentingan bisa melihat kestabilan dan berkelanjutan perusahaan.

“bank bjb telah membuktikan implementasi prinsip-prinsip GCG dalam menjalankan kegiatan usahanya, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan sehat,” jelas dia.

Menurut Agus, prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan dengan kinerja bank bjb yang mampu membukukan pencapaian gemilang di tengah kondisi industri yang terus terdampak belum stabilnya kondisi ekonomi saat ini.

Untuk diketahui, hingga September 2016 , bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55, 6 persen year ini year (y-o-y). Yang mana pertumbuhan kredit tercatat cukup baik yakni mencapai 15,7 persen (y-o-y).

Tidak hanya itu, bank bjb pun berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,7 persen.

Dari sisi permodalan, rasio kecukupan modal (CAR) naik menjadi 18,1 persen dan memberikan ruang cukup untuk ekspansi bisnis di masa yang akan datang.

Saat ini jumlah jaringan dan layanan bank bjb mencapai 2.291 jaringan dan layanan yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Melalui penghargaan yang diraih, bank bjb tertantang untuk terus melakukan terobosan dan inovasi yang dilandasi penerapan prinsip GCG, sehingga bisa terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham,” tegas dia.

Lebih lanjut Agus mengatakan, bank bjb sangat menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap tindakan yang diambil. Terlebih hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para pemangku kepentingan, seperti nasabah, investor, pemegang saham, masyarakat umum serta insan bank.

“Kepercayaan yang diberikan masyarakat selama ini terlihat dari kokohnya kinerja saham bank dengan kode emiten BJBR yang per-19 Desember 2016 ditutup di-level 3.040,” pungkasnya.

(LIN)

 







Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Bupati Garut Instruksikan Satpol PP Periksa Bangunan Tak Berizin

GARUT, FOKUSJabar.com : Bupati Garut, Rudy Gunawan telah menginstruksikan dan memberi izin Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan penelitian sekaligus...

Selengkapnya

Kebun Binatang Bandung akui Tak Pernah Dihubungi LSM Scorpion

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tuduhan dari LSM Scorpion Wildlife Monitoring Group terkait beruang madu yang kurus dan kelaparan di Kebun Binatang Bandung, mendapat bantahan...

Selengkapnya

Memalukan! Beruang Kurus dan Kelaparan di Kebun Binatang Bandung Jadi Sorotan Media Asing

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kebun Binatang yang berada di Kota Bandung kini menjadi sorotan media asing WwwDailymail.co.uk. Bagaimana tidak, ternyata seekor Beruang Madu...

Selengkapnya

Bandung Sasaran Empuk Peredaran Narkoba?

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kota Bandung masih dianggap sebagai lahan empuk penjualan Narkoba. Bahkan celah penyebaran barang haram itu dinilai masih terbuka lebar. Dari...

Selengkapnya

Emil: Saya Belum Putuskan Maju di Pilgub Jabar

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil meraih poin tertinggi terkait elektabilitas dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat berdasarkan survey...

Selengkapnya
Wapres JK: Intervensi Negara Lain Pengaruhi Timbulnya Ekstrimisme

JK akan Resmikan Flyover Pelangi Antapani

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla direncanakan akan meresmikan Jembatan Flyover Antapani yang saat ini lebih dikenal dengan nama Jembatan Pelangi....

Selengkapnya

BREAKING NEWS: Kebakaran Besar Terjadi di Jalan Soekarno-Hatta Bandung

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kebakaran terjadi di Jalan Soekarno Hatta Bandung, Selasa (17/2/2017) siang. Kepulan asap membumbung tinggi dan terlihat jelas dari kejauhan,...

Selengkapnya

Kapolda Jabar: Mau Jabatan Saya Silahkan, Tapi Sekolah Dulu

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Anton Charliyan menyatakan, desakan mundur oleh Front Pembela Islam (FPI) bukan masalah besar. Desakan itu muncul...

Selengkapnya

21 Anggota Polisi Nyantri di Ponpes Al Bahjah Cirebon

CIREBON, FOKUSJabar.com : Jajaran Polresta Cirebon mengirim anggotanya untuk mendapatkan pendidikan ala santri di LPD Al-Bahjah Cirebon. Sebanyak 21 anggota polisi yang...

Selengkapnya

Pilgub Jabar 2018, Pertarungan Artis dan Akademisi

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Indonesia Strategic Institute (Insrat), menetapkan sepuluh figur yang dianggap memumpuni maju sebagai calon Gubernur dalam Pemilihan Gubernur...

Selengkapnya