Bank bjb Raih Penghargaan GCG - Fokus Jabar - Portal Berita Jawa Barat
Rabu, 26 April 2017
Search

Bank bjb Raih Penghargaan GCG




BANDUNG,FOKUSJabar.com: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb)mengukuhkan diri sebagai perusahaan yang memiliki kinerja sangat baik dalam penerapan prinsip tata kelola perusahaan atau Good Corporate Governance (GCG).

Bank bjb berhasil meraih penghargaan prestisius dengan predikat ‘Indonesia Trusted Companies’ di penghujung tahun 2016.

Penghargaan itu diberikan karena bjb berhasil menerapkan prinsip tata kelola perusahaan (GCG) dengan baik berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Pemberian penghargaan itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Ajang penghargaan prestisius bagi perusahaan publik, BUMN, BUMD maupun perusahaan non publik itu digelar atas prakarsa The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA yang memberikan penghargaan berdasarkan Corporate Governance Perception Index (CGPI).

Penghargaan diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bank bjb Agus Mulyana di Hotel Shangri-La, Jakarta (19/12/2016).




IICG adalah Assesor Independen yang melakukan penilaian GCG perusahaan di Indonesia setiap tahun.

Tahun ini, tema penilaiannya fokus pada GCG dalam perspektif keberlanjutan (sustainability) sebagai wujud apresiasi kepada perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

“Sebagai salah satu perusahaan publik di sektor perbankan, bank bjb sangat berkomitmen menjadikan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik sebagai pijakan dalam menjalankan usahanya,” kata Agus Mulyana.

Dalam mewujudkan komitmen itu, seluruh elemen memberikan perhatian mendalam, sehingga pemangku kepentingan bisa melihat kestabilan dan berkelanjutan perusahaan.

“bank bjb telah membuktikan implementasi prinsip-prinsip GCG dalam menjalankan kegiatan usahanya, sehingga berdampak positif bagi pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan dan sehat,” jelas dia.

Menurut Agus, prinsip-prinsip tersebut telah dibuktikan dengan kinerja bank bjb yang mampu membukukan pencapaian gemilang di tengah kondisi industri yang terus terdampak belum stabilnya kondisi ekonomi saat ini.

Untuk diketahui, hingga September 2016 , bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba bersih sebesar 55, 6 persen year ini year (y-o-y). Yang mana pertumbuhan kredit tercatat cukup baik yakni mencapai 15,7 persen (y-o-y).

Tidak hanya itu, bank bjb pun berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah (NPL) menjadi sebesar 1,7 persen.

Dari sisi permodalan, rasio kecukupan modal (CAR) naik menjadi 18,1 persen dan memberikan ruang cukup untuk ekspansi bisnis di masa yang akan datang.

Saat ini jumlah jaringan dan layanan bank bjb mencapai 2.291 jaringan dan layanan yang tersebar di wilayah Indonesia.

“Melalui penghargaan yang diraih, bank bjb tertantang untuk terus melakukan terobosan dan inovasi yang dilandasi penerapan prinsip GCG, sehingga bisa terus memberikan nilai tambah bagi pemegang saham,” tegas dia.

Lebih lanjut Agus mengatakan, bank bjb sangat menyadari pentingnya penerapan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik pada setiap tindakan yang diambil. Terlebih hal itu untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan para pemangku kepentingan, seperti nasabah, investor, pemegang saham, masyarakat umum serta insan bank.

“Kepercayaan yang diberikan masyarakat selama ini terlihat dari kokohnya kinerja saham bank dengan kode emiten BJBR yang per-19 Desember 2016 ditutup di-level 3.040,” pungkasnya.

(LIN)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

Polisi Buru Penghubung PJTKI Ilegal Purwakarta Hingga ke Malaysia

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Saat ini Tim Ditreskrimum Polda Jabar, tengah memburu satu orang penghubung yang bekerja di PJTKI Ilegal asal Purwakarta. “Setelah...

Selengkapnya

Tiga Remaja Tewas Akibat Kebakaran di Pasir Jambu Kabupaten Bandung

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Tiga orang remaja dinyatakn tewas akibat terjebak di dalam rumah saat terjadi kebakaran di Kampung Bojong Resmi, Desa Cukang Genteng, Kecamatan...

Selengkapnya
Anies : Pilkada Bukan Soal Nomor Urut

Berikut Beberapa Aturan Ahok yang Akan Dicabut Anies-Sandi

JAKARTA, FOKUSJabar.com: Seperti diketahui paslon Anies Baswedan-Sandiaga Uno unggul dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Selangkah lagi Anies-Sandi akan memimpin Jakarta...

Selengkapnya

Rumah Janda Tua di Pakenjeng Ambruk Akibat Gempa

GARUT, FOKUSJabar.com : Satu unit rumah di Kampung Tangsi, RW07, Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, bagian atapnya roboh akibat gempa bumi berkekuatan...

Selengkapnya

Ahmad Bajuri Sang Inisiator Konvensi Pilkada 2018

GARUT, FOKUSJabar.com : Konvensi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digagas Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC PD) Kabupaten Garut mendapat respon positif...

Selengkapnya

Pergoki Maling, Nenek Ini Dibacok

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Nenek berusia 70 tahun asal Dusun Ciroyom, Desa Mandalare, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis dilarikan ke RSUD Kabupaten Tasikmalaya. Korban...

Selengkapnya

Tiga Orang Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Puncak

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Tiga orang menjadi korban tewas kecelakaan beruntun di Jalan Raya Puncak, tepatnya di turunan Selarong, Sabtu (22/4/2017). Seperti yang...

Selengkapnya

Sosok RA Kartini Menginspirasi Perjalanan Hidup Hj Irma Bastaman

BANJAR, FOKUSJabar.com: Sosok Kartini bagi Dr Hj Irma Bastaman Harris MM, Plt Ketua DPC Partai Demokrat Ciamis adalah motivator para wantia Indonesia untuk terus...

Selengkapnya

Ahli Nujum: Perang Dunia III akan Pecah 13 Mei 2017

AMERIKA SERIKAT, FOKUSJabar.com : Clairvoyant Horacio Villegas, seorang pria yang mengaku ahli supranatural, pada 2015 meramalkan Donald Trump akan jadi Presiden AS dan...

Selengkapnya

Pemkot Surabaya Maju Lantaran Sistem Pajak Online

SURABAYA, FOKUSJabar.com : Hari ini Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) DPRD Garut, Jawa Barat melakukan study banding ke DPRD Kota...

Selengkapnya