Lima Wanita Petugas Bandara di Afghanistan Tewas Ditembak

0
92
Lima wanita petugas keamanan di Bandara Kandahar Selatan, Afghanistan, dibunuh oleh sekelompok pria bersenjata tak dikenal. (Reuters/Mohammad Ismail).

AFGANISTAN, FOKUSJabar.com : Lima wanita petugas keamanan Bandara Kandahar Selatan Afghanistan, dibunuh sekelompok pria bersenjata tak dikenal. Penembakan itu sendiri terjadi saat mereka hendak pergi bekerja, Sabtu (17/12/2016) lalu.

Juru bicara Gubernur Kandahar, Samim Khpulwak menyatakan, para korban telah disewa oleh sebuah perusahaan keamanan swasta dan bertugas menjaga wisatawan di bandara Kandahar.

“Dua pria menggunakan sepeda motor mengikuti mobil mereka dan menembakinya. Kelima petugas dan supir itu tewas seketika,” kata Samim seperti dikutip Reuters.

Hingga saat ini, belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Namun CNN memberitakan, dugaan besar mengarah pada kelompok Taliban oposisi pemerintahan Presiden Ashraf Ghani yang kerap menentang kaum wanita bekerja di luar rumah.

Sejak berkuasa pada 1996, kelompok garis keras Taliban melarang seluruh perempuan di Afghanistan untuk bersekolah dan bekerja.

Meskipun kelompok Taliban telah runtuh pada 2001 lalu, masih ada ketakutan dan kekhawatiran dalam benak kaum perempuan di Afghanistan untuk terus memperjuangkan hak bekerja dan pendidikan mereka.

(Agung)

There are no comments yet