Suka Tantangan Riverboarding, Silahkan Coba di Sungai Cikaengan Banjarwangi Garut

0
37
Riverboarding di Sungai Cikaengan, Kecamatan Bajarwangi, Kabupaten Garut (Foto. Bambang F/FOKUSJabar.com)

GARUT, FOKUSJabar.com : Selancar sungai (Riverboarding) pertama kali lahir pada tahun 1970-an di sungai-sungai pegunungan Alpen Prancis. Riverboarding modern kini populer di Eropa, Amerika, Australia dan Selandia Baru.

Meski di Indonesia Riverboarding belum begitu populer, namun bagi para pencinta kegiatan menantang tersebut dapat ditemui sekaligus dicoba di Sungai Cikaengan, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut.

Ketua Prakarsa Jamparing Kecamatan Banjarwangi, Ridwanuloh mengatakan, pihaknya memiliki tiga paket (kelas). Yakni, kelas 250 meter, 500 meter dan 1.000 meter. Dimana mereka anda bisa mencobanya di spot-spot tertentu yang sudah ditentukan.

Menurutnya, kondisi area Riverboarding di Sungai Cikaengan sangat tepat bagi para pemula karena tingkat kesulitan dan kedalaman sungai serta bebatuan tidak membahayakan bagi para pengunjung.

Berwisata Riverboarding sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Betapa tidak, para pengunjung bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang masih alami dan udaranya segar.

“ Bagi pemilik hasrat adventure tinggi yang didukung mental dan kemampuan berenang bisa disalurkan di Sungai Cikaengan yang ditunjang dengan pemandangan indah dan udaranya segar,” sebut Ridwanuloh, Rabu (7/12/2016).

Menurutnya, Riverboarding adalah kegiatan berselancar di sungai menggunakan board atau papan khusus. Mereka harus mampu mengatur keseimbangan dan membelok.

“ Berselancar mengarungi arus dan menembus jeram tentu saja ada seninya. Makin dikuasai, makin dapat kita kendalikan (lamabat atau cepat),” kata dia saat ditemui FOKUSJabar.com di Kecamatan Banjarwangi.

Tantangannya lanjut Ridwanuloh, kecepatan. Artinya, pada bagian arus yang sangat deras, kecepatan peselancar bisa melebihi 30 km per jam. Selian itu, hubungan langsung antara pelaku dengan sungai.

(Bam’s)

There are no comments yet