Revitalisasi Sungai di Kota Bandung akan Didampingi Korea Selatan‎

0
60
BANDUNG, FOKUSJabar.com : Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mendapatkan pendampingan dari pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan terkait penataan dan revitalisasi sungai. Revitalisasi sungai akan dilakukan di Sungai Cikapundung di Pasirluyu Kota Bandung sepanjang satu kilometer.

‎Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menuturkan, pendampingan revitalisasi sungai di Pasirluyu tersebut merupakan salah satu kerjasama dengan pihak Korea Selatan. Hal tersebut merupakan bagian dari kerjasama yang terus menerus dilakukan.

“Kerjasama dengan Korea Selatan itu cukup banyak. ‎Korea Selatan itu kan punya pusat pengembangan fesyen di ITB namanya Korea Lounge. Dan ‎kedua, yakni kerjasama terkait revitalisasi sungai dan yang terbaik itu di Korea Selatan,” ujar wali kota yang akrab disapa‎ Emil usai menerima Ketua Tim Restorasi Sungai Chong Bye Cheon, Seoul, Korea Selatan, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Kamis (1/12/2016).

Untuk revitalisasi Sungai Cikapundung di Kelurahan Pasirluyu, Kecamatan Regol, Pemkot Bandung akan meminta pendampingan dari tim asal Korea Selatan. Pasalnya, tim asal Seoul tersebut cukup berhasil melakukan restorasi sungai Chong Bye Cheon.

“Nanti ‎bantuannya berupa teknis. Mulai dari‎ insinyurnya, hingga teknologinya. Dan rencananya akan dilakukan di tahun depan‎,”
terangnya.

Restorasinya menurut Emil, tidak hanya dilakukan di saluran sungai. Namun mulai dari saluran airnya hingga sempadan sungainya.

“Jadi mulai dari kotor hingga ke jernih sampai sempadannya. Gak ada salahnya kita belajar ke yang lebih ahli yakni Korea Selatan. ‎Revitalisasi pakai dana kita dari APBD, tapi besarannya belum tahu karena belum diputuskan kerjasamanya seperti apa,” tegasnya.

(Ageng/Yun)

There are no comments yet