Hingga Oktober, di Kuningan Bencana Longsor Terjadi 60 Kali

0
71
longsor yang terjadi di Kuningan lebih banyak dikarenakan memang wilayah Kuningan yang cukup banyak tebing dan pegunungan. Foto web

CIREBON, FOKUSJabar.com : Cuaca ekstrim yang melanda Jawa Barat belakangan cukup dirasakan dampaknya di wilayah Kuningan Jawa Barat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, Agus Mauludin mengatakan, cuaca ekstrim tersebut berpotensi mengakibatkan longsor tahun ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. “Walaupun skalanya kecil, tapi lebih banyak tahun ini dibandingkan tahun kemarin,” kata Agus (21/11/2016).

Menurut Agus, longsor yang terjadi sejak Januari hingga Oktober tahun ini, sudah ada sekitar 60 longsor yang terjadi di wilayah Kuningan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kalau tahun kemarin tidak sampai segitu,” ujar Agus.

Banyaknya longsor yang terjadi di Kuningan, lebih banyak dikarenakan memang wilayah geografis Kuningan yang cukup banyak tebing dan pegunungan. Sehingga hal tersebut memungkinkan terjadinya bencana longsor. apalagi intensitas curah hujan yang cukup tinggi.

Selain itu, pada tahun ini, tidak ditemukan adanya musim kemarau. Walaupun begitu, tidak ada korban jiwa akibat sejumlah peristiwa longsor tersebut. “Tidak ada korban jiwa, hanya kerusakan bangunan dan infrastuktur lainnya,” kata Agus.

(Panji/DEN)

There are no comments yet