Hadapi Banjir, BNPB Minta BPBD Kabupaten Bandung Siapkan 3 Hal Ini

0
80
Hadapi Banjir, BNPB Minta BPBD Kabupaten Bandung Siapkan 3 Hal Ini
Hadapi Banjir, BNPB Minta BPBD Kabupaten Bandung Siapkan 3 Hal Ini (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Deputi Penanganan Bencana BNPB Pusat, Tri Budiarto mengatakan, banjir yang melanda Kabupaten Bandung bukanlah kejadian yang baru terjadi. Pasalnya di setiap musim penghujan, Kabupaten Bandung seakan-akan menjadi wilayah langganan banjir.

Bahkan, kata Tri, dalam satu tahun ini sudah dua kali banjir terjadi di Kabupaten Bandung. Menurutnya, setiap banjir pasti terjadi di tempat yang sama dengan penyebab yang sama.

Karena itu, ia meminta BPBD Kabupaten Bandung untuk memperhatikan tiga hal supaya kebutuhan warga tetap terpenuhi. Yang pertama adalah memastikan persediaan air bersih untuk keperluan warga cukup, sehingga aktivitas warga tetap bisa berjalan.

“Yang kedua lengkapi fasilitas WC supaya kesehatan pengungsi juga terjamin, dan yang ketiga upayakan cara-cara untuk mencegah penyakit di lingkungan pengungsi atau warga lainnya,” kata Tri kepada Radio PRFM, Senin (14/11/2016).

Tri juga mengatakan bahwa BPBD harus siap dengan kemungkinan jumlah pengungsi yang terus bertambah, bahkan lebih banyak dari jumlah terbanyak di tahun-tahun sebelumnya.

(Vetra)

There are no comments yet