DPRD Jabar Menyambut Baik Perppu Kebiri Menjadi UU

0
52
Legislator : Perppu Kebiri Bagus, Tapi Kontennya Keropos
Ilustrasi (web)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: DPRD Provinsi Jawa Barat menyambut baik penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU nomor 24 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, menjadi UU Kebiri oleh DPR RI.

“Kita menyambut baik itu. Kalau sudah disahkan nanti, kita berharap bisa konsisten dilaksanakan penegakan hukumnya,” jelas Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari di Bandung, Kamis (13/10/2016).

Dia berharap dengan UU Kebiri itu, tidak ada lagi masalah pelecehan dan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak di Indonesia.

Terlebih UU ini ada untuk memberikan efek jera bagi pelaku pelecehan dan kekerasan seksual.

“Kalau tidak mau dikebiri, ya jangan melakukan hal-hal berbau pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan,” kata Ineu.

Pihaknya pun yakin seluruh anggota DPR RI yang sepakat dengan Perppu ini menjadi UU memiliki semangat sama, yakni tidak ada lagi pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak dan perempuan di masyarakat.

Kaitannya dengan beberapa fraksi di DPR RI yang menolak pengesahan Perppu itu menjadi UU Kebiri, pihaknya menghormati keputusan itu.

Untuk diketahui, DPR RI menyetujui RUU tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU nomor 24 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, menjadi UU.

Saat itu seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna menyatakan setuju Perppu soal Kebiri menjadi UU.

(LIN)

There are no comments yet