Cegah Kanker Serviks, Bio Farma Siap Pasok Vaksin HVP

0
44
BANDUNG, FOKUSJabar.com : PT Bio Farma (Persero) siap memasok vaksin Human Papilloma Virus (HPV) bagi siswa kelas 5 dan 6 sekolah dasar untuk menyukseskan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAS) yang dicanangkan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.
Program BIAS sendiri memfokuskan pada pemberian vaksin DT (Difteri Tetanus) dan TT (Tetanus Toxoid) untuk anak kelas 1 sampai 3 sekolah dasar. Sedangkan vaksin HPV diperuntukkan bagi anak kelas 5 dan 6 sekolah dasar.
Acara ‘Pencanangan Imunisasi HPV’ sendiri digelar di SDN Lubang Buaya 11 Pagi, Cipayung, Jakarta Timur. Acara yang digelar di awal Oktober 2016 tersebut, dihadiri Menteri Kesehatan (Menkes), Prof.Dr.dr. Nila F Moeloek, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, Wakil Walikota Jakarta Timur, Husein Murad, serta Direktur Marketing Bio Farma, Mahendra Suhardono.
“Kita siap memasok Vaksin HPV untuk 75 ribu siswi SD dalam program rutin BIAS di Provinsi DKI Jakarta. Kami harap program ini bisa diikuti provinsi lain karena Vaksin HPV sangat penting. Untuk pasokan vaksin HPV kami siap,” ujar Mahendra melalui rilis yang diterima FOKUSJabar, Minggu (9/10/2016).
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dr. Koesmedi Prihartono SpOT Mkes menuturkan, riset klinik menunjukan jika usia 9 hingga 13 tahun merupakan jangka usia yang paling baik untuk diberikan vaksin HPV. Dengan dua kali dosis vaksin HPV, bisa lebih efektif memperkuat daya tahan tubuh anak serta dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks.
Program ini, lanjutnya, merupakan langkah penting dalam melindungi warga DKI Jakarta dari bahaya kanker serviks atau leher rahim. Saat ini, kanker serviks menjadi momok yang sangat menakutkan bagi wanita di Indonesia.
“Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan tenaga medis dari Puskesmas untuk memberikan vaksin kepada sekitar 75.000 siswi Sekolah Dasar. Jadi jika anak-anak kita saat ini duduk di kelas 5 atau 6 Sekolah Dasar, pastikan dia sudah mengikuti BIAS HPV,” pungkasnya.
(Ageng/Bam’s)

There are no comments yet