Sistem Pembayaran Pajak Online Resmi Dilaunching Dispenda Cimahi dan Bank bjb

0
38
Launching Sistem Pembayaran Pajak Online Resmi

CIMAHI, FOKUSJabar.com : Sistem pembayaran pajak online untuk seluruh jenis pajak resmi dilaunching Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Cimahi yang bekerjasama dengan bank bjb.

Kepala Cabang bank bjb Cimahi, Chandra Dwipayana mengatakan, dengan sistem tersebut, pembayaran seluruh jenis pajak yang dikelola oleh Pemda bisa dilakukan secara online. Fasilitas pembayaran tujuh pajak. Yakni pajak hotel, hiburan, reklame, penerangan jalan, air tanah dan pajak sarang burung walet.

Sebelumnya, penggunaan sistem online, kata dia, hanya bisa untuk dua jenis pajak, yaitu PBB dan BPHTB. Namun saat ini dengan program terbaru, pembayaran bisa dilakukan dimanapun baik melalui teller maupun Anjungan Tunai Mesin (ATM) bjb.

“Pembayaran melalui bjb itu, dipastikan tidak ada biaya administrasi tambahan,” kata Chandra, usai Launching sistem pembayaran pajak online di Jalan Kolonel Masturi Kota Cimahi, Kamis (15/9/2016).

Dia menjelaskan, sistem pemungutan pajak yang dilakukannya terbagi dalam dua jenis yakni official Assessment System serta self assessment system. Official assessment system sistem pemungutan pajak ini memberikan wewenang kepada pemerintah (petugas pajak) untuk menentukan besarnya pajak terhutang wajib pajak.

Sementara self Assessment yakni sistem pemungutan pajak yang memberikan wewenang kepada wajib pajak untuk menghitung sendiri, melaporkan sendiri, dan membayar sendiri pajak yang terhutang yang seharusnya dibayar.

“Untuk office assessment, nanti yang menentukannya kami melalui SK walikota seperti untuk pembayaran pajak air tanah, reklame dan PBB,” jelasnya

Tujuan program tersebut, lanjut dia, adalah pendongkrak pendapatan asli daerah. Untuk itu kedepannya bjb akan mengintegrasikan dengan pembayaran retribusi secara online dan juga mengintegrasikan e-channel bjb sehingga bisa memberikan kemudahan untuk para wajib pajak (WP).

“Dengan fasilitas ini mereka tidak usah datang lagi datang ke Dispenda untuk booking tapi cukup dengan sms banking atau internet banking, dan transaksi juga bisa dilakukan lewat aplikasi tersebut,” terangnya.

(Gatot/Bam’s)

There are no comments yet