Untuk Kali Pertama, Perpani Kota Bandung Gelar Kejurnas Panahan Indoor

0
346
Bandung-Archery-Open-Turnamen (Foto. Ageng)
BANDUNG, FOKUSJabar.com : Untuk kali pertama, Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bandung menggelar kompetisi panahan indoor tingkat nasional, bertajuk Bandung Open Archery Tournament 2016. Kejuaraan yang digelar di lapangan Tennis Indoor Dago Pakar Resort ini, dilaksanakan sejak Rabu (17/8/2016) hingga Sabtu (20/8/2016) besok.
Ketua Panitia Kejuaraan, Bonny Herlambang menuturkan, sebelumnya, kejuaraan yang menjadi agenda rutin tahunan Pengcab Perpani Kota Bandung ini digelar dengan skala regional Jabar. Namun pada gelaran tahun ini, kejuaraan dilakukan dengan skala open turnamen nasional.
“Untuk kejuaraan ini, diikuti oleh sekitar 422 pemanah yang mewakili klub maupun organisasi panahan dari seluruh Indonesia. Selain atlet panahan dari seluruh Jabar, kejuaraan pun diikuti atlet daro DKI Jakarta, Solo, Surabaya, dan Berau,” ujar Bonny saat ditemui di lokasi kejuaraan, Jumat (19/8/2016).
Bonny menambahkan, pada kejurnas kali ini mempertandingkan laga untuk ronde nasional, FITA Recurve, FITA Compound, Bare Bow 3D, dan Horse Bow 3D. Untuk masing-masing ronde atau nomor, dipertandingkan untuk kategori SD, SMP, dan umum. Baik di kategori putra maupun putri.
“Khusus untuk nomor pertandingan kelas bare bow 3D dan horse bow 3D menjadi nomor baru dimana kelas tersebut menjadi salah satu kelas yang mulai diminati dan populer,” terangnya.
Selain diikuti atlet pemula, kejuaraan kali ini pun diikuti oleh atlet-atlet panahan yang disiapkan untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 serta Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XV/2016. Kejuaraan ini diikuti oleh beberapa atlet PON XIX diantaranya dari DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur. Selain itu, atlet panahan Jabar yang dipersiapkan untuk ajang Peparnas XV/2016 pun ikut ambil bagian dalam kejuaraan.
“Khusus untuk nomor horse bow dan bare bow yang saat ini menjadi trend dan populer, diikuti oleh semua ketagori usia. Ada sekitar 40 atlet yang mengikuti pertandingan di kedua nomor tersebut,” tegasnya.
(Ageng/Bam’s)

There are no comments yet