Akibat Emil Tak Tepati Janji, PKL Purnawarman Gelar Aksi

0
16

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Para pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Purnawarman Kota Bandung menilai jika Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak menepati janji yang disampaikannya saat pelaksanaan relokasi ke lokasi parkir luar BEC pada Senin (14/3/2016) lalu. Hal ini menjadi salah satu alasan sekitar 60 PKL Purnawarman turun ke jalan dan melakukan aksi.

Koordinator PKL Purnawarman, Jalal mengaku, saat pelaksanaan relokasi pertengahan Maret 2016 lalu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menjanjikan untuk ikut melakukan penataan terhadap lokasi berjualan para PKL. Selain itu, wali kota yang akrab disapa Emil itu pun akan membantu para PKL untuk mempromosikan lokasi berjualan mereka yang baru.

“Termasuk sarana prasarana lain seperti listrik, air dan toilet. Semuanya belum ada yang dipenuhi. Kami sudah mengikuti apa yang diinginkan Pemkot Bandung dan Pak Wali untuk mau direlokasi, tapi justru janji Pak Wali tidak pernah terbukti,” ujar Jalal saat ditemui FOKUSJabar di sela-sela aksi di depan pintu gerbang Kantor Wali Kota Bandung, Jalan Wastukancana Kota Bandung, Jumat (15/4/2016).

Jalal mengaku, pihaknya sudah menyampaikan terkait keluhan yang diterimanya dari para pedagang lain. Bahkan dirinya mengaku sudah menghubungi pihak Satgasus PKL Kota Bandung terkait permintaan penataan lokasi PKL di parkir luar BEC, penyediaan sarana prasarana, hingga hal lainnya.

“Termasuk untuk listrik, kita sebenarnya sudah mendapatkan sinyal positif dari gedung sekitar. Tapi saat minta bantuan ke Satgasus, pihaknya justru diminta untuk melapor ke pihak kecamatan terlebih dahulu. Ini kan prosesnya jadi lama dan para pedagang sudah tidak sabar. Akhirnya inilah, kita turun ke jalan dengan harapan bisa didengar oleh Pak Wali,” tegasnya.

Aksi para PKL Purnawarman ini dimulai sekitar pukul 13.30 WIB dengan melakukan orasi di depan lokasi parkir luar BEC di Jalan Purnawarman. Mereka pun menutup jalan dengan duduk-duduk di badan jalan dan menyimpan gerobak jualan mereka. Setelah melakukan orasi, sedikit demi sedikit mereka bergerak menuju depan pertokoan BEC dengan harapan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil datang dan menerima mereka.

Namun setelah ditunggu sekitar dua jam, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tak kunjung datang. Akhirnya, para PKL Purnawarman pun melakukan longmarch menuju Balai Kota Bandung. Aksi jalan menuju Balai Kota Bandung pun mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian. Aksi mereka pun membuat arus lalu lintas tersendat dan menjadi tontonan warga. Para PKL Purnawarman pun tiba sekitar pukul 17.10 WIB di depan pintu gerbang masuk Kantor Wali Kota Bandung di Jalan Wastukancana Kota Bandung yang sudah ditutup dengan barikade kepolisian.

(Ageng/Bam’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here