Mitos Mengerikan di Situ Wangi Winduraja

0
47
CIAMIS, FOKUSJabar.com : Obyek wisata Situ Wangi di Winduraja Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis menyimpan cerita mistis yang cukup membuat bulu kuduk merinding, sebuah mitos yang sudah sangat dipahami warga setempat.
Seperti diungkapan Hikmat Nurul Samsi, warga Desa Cidewa, Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Hikmat Nurul Samsi, pengalaman ketika dirinya ditugaskan oleh Perguruan Tingginya untuk melakukan praktikum Kemah Dakwah, mengalami kejadian yang cukup menyeramkan dan tidak akan terlupakan semumur hidupnya.
Nurkhois salah seorang pengunjung situ wangi
“Ketika Kemah Dakwah di Situwangi, saya kebelet buah air kecil (BAK), mau tidak mau terpaksa harus di Situ, eh tiba-tiba dimarahin sama warga, soalnya kalau kencing di Situ besoknya katanya langsung meninggal,” kata Hikmat, Jum’at (5/2/2016).
Padahal, menurut Hikmat, larangan itu disampaikan warga setelah dirinya selesai BAK. Kaget, takut dan rasa bingung pun muncul seketika, namun warga setempat menyarankan untuk menghindari mitos itu bisa dilakukan dengan membaca ayat-ayat Suci Al Qur’an semalam suntuk, bahkan sampai pagi.
Setelah diberitahu warga agar begedang dan membaca ayat-ayat Suci Al Qur’an, kami pun bersama rekan-rekan menjalankan saran warga.
” Alhamdulilah sampai hari ini saya masih hidup, bahkan semalaman membaca Al-qur’an itu kami ditemani warga setempat, itu momen yang gak bakal dilupakan seumur hidup,” tegas Hikmat.
Menurut Hikmat, warga berpesan kepadanya untuk tidak melakukan hal seperti itu lagi. Kemah Dakwah adalah program dari salah satu Institut Islam terkemuka di Kabupaten Ciamis dengan melakukan Kemah di daerah pedesaan, melakukan program dakwah dan pengabdian masyarakat.
Situ Wangi memiliki mitos yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Ciamis, yakni apabila kencing di Situ akan meninggal dunia dalam waktu dekat (hitungan 1 x 24 jam), jika terlanjur harus membaca ayat-ayat Suci Al Qur’an semalaman bersama warga setempat. Tidak itu saja, mitos di sana juga menegaskan bagi warga asli salah satu kabupaten di Jawa Barat tidak boleh mengunjungi Situ Wangi itu. Walohualam…
(Riza M Irfansyah/Yun)

There are no comments yet