Puan Maharani Cek Distribusi Kartu Indonesia Sehat di Bandung Barat

0
86

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com : Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengecek pendistribusian Kartu Indonesia Sehat (KIS) di tiga desa Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Jumat (15/01/2015). Tiga desa yang dicek yakni Desa Batujajar Timur, Desa Batujajar Barat, dan Desa Galanggang.

Puan mengatakan, memastikan alat berfungsi, iris mata dan database pusat terkoneksi dengan baik. Bupati Bandung Barat Abubakar diminta untuk memberi contoh. Kurang dari satu menit data lengkap bupati pun muncul  pada sebuah layar lebar.

Tak puas dengan iris mata, Puan kemudian secara acak memilih warga pemegang KIS dari kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk mengecek kesiapan alat sidik jari berfungsi dengan baik. Tak kurang semenit data muncul.

“Kalau Pak Bupati, bisa saja sudah di settting dari awal, tapi kalau warga lebih fair,” kata Puan Maharani pada acara “Spot Check Distribusi Kartu Indonesia Sehat”.

Puan menjelaskan, apa yang disampaikan BPJS Kesehatan terbukti bahwa pembacaan data pemegang KIS kurang dari satu menit. Alat ini sangat efektif mendeteksi kepersertaan BPJS KIS, terutama bagi yang kartu KIS-nya hilang atau lupa dibawa.

” Selain melalui sidik jari dan iris mata, kepersertaan BPJS KIS juga bisa terindifikasi dari Nomor Induk Kependudukan (NIK),” jelasnya.

Lebih jauh Puan mengungkapkan, kepersertaan BPJS KIS PIB tahun 2015 sebanyak 87 juta orang, dan pada tahun 2016 akan bertambah menjadi 92 juta lebih. Diminta masyarakat untuk seefisien mungkin menggunakan KIS PIB.

(Tri/DEN)

There are no comments yet