Polsek Cimahi Lakukan Razia Kembang Api dan Petasan

0
11

CIMAHI, FOKUSJabar.com : Dengan dilarangnya menyalakan kembang api dan petasan saat malam pergantian tahun oleh Kapolda Jabar, Polsek Cimahi melakukan razia terhadap sejumlah penjual kembang api di wilayah Cimahi.

Pantauan Fokusjabar dilapangan, Rabu (30/12/2015) sore, petugas gabungan dari polsek Cimahi dan Koramil Cimahi Utara melakukan penyisiran ke sejumlah tempat diantaranya Pasar Atas Jalan Djulaeha Karmita, pasar tumpah di Jalan Demang Hardjakusuma dan Jalan Gatot Subroto. Hasilnya, ratusan petasan dan kembang api dapat diamankan petugas.

Kapolsek Cimahi Kompol Arif Rakhman mengatakan, razia merupakan upaya Cipta Kondisi dalam rangka mengantisipasi terkendalinya situasi Kamtibmas menjelang pergantian tahun di wilayah Cimahi.

” Kami melakukan operasi dengan sasaran kembang api dan petasan yang menyalahi perizinan,” Kata Arif disela-sela Operasi Cipta Kondisi, Rabu (30/12/2015).

Menurut Arif, berdasarkan Undang-Undang Bunga Api Tahun 1932, kembang api di izinkan dijual bebas namun harus di bawah 2 inch, jika di atas 2 inch harus ada izin dari pihak kepolisian.

Untuk yang menjual kembang api di bawah 2 inch, tetap harus di bawah pengawasan. Karena pihaknya mengacu pada Perkap (Peraturan Kapolri) Nomer 2 Tahun 2008 Tentang Pengawasan Pengendalian Bahan Peledak yang Dikomersialkan.

” Jadi kami tetap melakukan pengawasan terhadap peredaran kembang api yang dijual bebas,” jelasnya.

(Gatot/Glh)

There are no comments yet