Kapolda Jabar: Periode 2015, Rp32 M Berhasil Dikembalikan ke Negara

0
39

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Moechgiyarto mengatakan, progres kinerja penanganan kasus korupsi yang mampu mengembalikan kerugian Negara sebesar Rp32,7 milyar, merupakan usaha maksimal penyidik sepanjang 2015.

Lebih kecil dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat yang mampu mengembalikan uang Negara  sebesar Rp65,9 Milyar pada periode 2015 .

“Jumlah saat ini ya itulah yang disita polisi. Itu yang kita hitung, pengembalian uang Negara ini tetap berjalan,” ujar Moechgiyarto di Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, Bandung, Rabu (30/12/2015).

Menurutnya, terkait tata cara pengembalian uang Negara, pihaknya sedikit kebingungan. Pasalnya, kewenangan yang dimiliki hanya sebatas penuntutan, sehingga obyektifitas penentuan hitungan kerugian Negara menjadi bias.

“Soalnya penyidik Polri melakukan penyidikan lalu uang Negara itu dikembalikan, maka penuntut umum kan menerima berkas dari kita,” tambahnya.

Penanganan kasus korupsi di jajaran kepolisian menurutnya, berbeda dengan aparat penegak hukum lainnya. Dia mencontohkan, penanganan kasus korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mempunyai kewenangan penuh.

“Kecuali KPK, itu lembaga satu atap. Proses penyidikan, penuntutan itu sama, jadi mereka lebih paham soal pengembalian uang Negara,” jelasnya.

(Adi/Glh)

There are no comments yet