Duh… 70 Persen Jalan di Kabupaten Bandung Tak Miliki Drainase

0
55

SOREANG, FOKUSJabar.com : Sekitar 70 persen jalan milik Pemerintah Kabupaten Bandung tidak memiliki drainase. Panjang jalan milik Pemkab Bandung sendiri mencapai 1.150 kilometer.

Kondisi tersebut menjadi salah satu penyebab dari banyaknya banjir cileuncang di jalan milik Kabupaten Bandung tersebut. Jalan pun kerap tergenang oleh air sehingga lebih cepat rusak dan mengelupas.

“Perbaikan jalan di Kabupaten Bandung sendiri belum diiringi oleh infrastruktur penunjang lain seperti drainase. Ini karena terbatasnya anggaran yag dimiliki,” ujar Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Bandung Agus Nuria saat dihubungi Kamis (24/12/2015).

Pada tahun 2016 pun, lanjut Agus, pihaknya measih memprioritaskan perbaikan jalan terlebih dahulu. Pasalnya, masyarakat sendiri lebih menginginkan jalan yang bagus sehingga fokus pada saat ini pada pengerjaan jalan mantap.

“Drainase memang penting, tapi dengan banyaknya kondisi jalan rusak, pembangunan drainase kami tangguhkan lebih dulu. Masyarakat ingin jalan bagus dan sekarang sekitar 80 persen jalan di Kabupaten Bandung sudah mulus,” terangnya.

Jika fokus utama pemantapan jalan sudah tuntas, lanjut Agus, pihaknya akan mulai memikirkan pembangunan infrastruktur penunjang jalan salah satunya drainase. Sebagian besar drainase sendiri mengalami kerusakan atau mampet.

“Untuk kebutuhan anggarannya belum kami hitung. Dan sistem pembangunan drainase itu makin ke hilir makin besar, jadi tidak bisa dihitung berdasakan panjang jalan,” pungkasnya.

(Ageng/Glh)

There are no comments yet