Memiliki Potensi Strategis, Jawa Barat Harus Memiliki Kebijakan Paket Investasi

0
70

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Sekretaris Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Yunandar menilai, Jawa Barat yang memiliki lahan strategis, harus mempunyai kebijakan ekonomi khusus.

Yaitu, Pemerintah agar memperhatikan dengan serius dan memikirkan strategi investasi di Jawa Barat, Pasalnya, menurutnya, membangun Jawa Barat tidak cukup hanya dengan mengandalkan modal APBD.

“Gubernur harus membuat paket – paket investasi. Contohnya, Jepang yang memiliki banyak dana. Mereka (Jepang) gencar mencari lahan investasi ke negara lain. Lalu bagaimana strategi Jawa Barat mempersiapkan investasi, tidak kita lihat,” ujarnya di Bandung, Rabu (23/12/2015).

Dia mengumpamakan, pembangunan di sektor wisata selama ini belum maksimal karena tidak adanya perencanaan yang matang. Padahal Jawa Barat merupakan daerah yang kaya akan potensi tersebut.

“Bandung jadi destinasi wisata yang tidak terkontrol. Masalahnya tidak ada strategi luar biasa, tidak ada infrastruktur yang memadai,” katanya.

Kendati demikian, dia mengakui Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih terhambat di alokasi anggaran untuk pengembangan infrastrktur, sehingga butuh dukungan modal dari pihak lain, baik dalam maupun luar negeri.

“Memang kita kekurangan dana untuk infrastruktur. Per tahun, cuma ada anggaran Rp1,5 trilyun. Makanya kita butuh strategi investasi untuk membangun Jawa Barat,” jelasnya.

(Adi/Glh)

There are no comments yet