Geopark Ciletuh dapat Meningkatkan Kualitas Taraf Hidup Masyarakat

0
55

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Ketua Tim Task Force Revitalisasi Museum Kegeologian dan Pengembangan Geopark, Yunus Kusumahbrata mengatakan, kawasan wisata Ciletuh Sukabumi mampu menjadi tonggak peningkatan kualitas taraf hidup masyarakat.

Ciletuh sendiri kini telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada Selasa (22/12/2015) kemarin di aula timur Gedung Sate Bandung.

Yunus menjelaskan, ditetapkannya Ciletuh sebagai Geopark Nasional berdampak positif terhadap masyarakat dengan mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif daerah.

“Perlu ada proses pembinaan secara bertahap, mereka diajak ikut serta dengan berbagai kegiatan, dilatih, dibiasakan untuk mengelola sebuah manajeman,” kata Yunus, Rabu (23/12/2015).

Yunus menambahkan, biasanya dalam Geopark itu percepatan bisa terjadi empat sampai lima tahun. Masyarakat pun otomatis akan menjadi leader dalam mengoptimalkan ekonomi kreatif daerah.

“Itu bisa mandiri, itu otomatis. Menimbulkan ekonomi kreatif, salah satunya ada pembinaan kelompok kelompok batik, pengrajin makanan,” jelasnya.

(Adi/Vetra)

There are no comments yet