BUMD Kurang Kompeten di Jawa Barat Terancam Dibubarkan

0
66

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Jawa Barat terancam dibubarkan karena dianggap hanya menghabiskan modal. Dari 13 BUMD yang ada, badan yang mampu berkontribusi besar untuk Pemasukan Asli Daerah (PAD) Pemprov Jawa Barat, dapat dihitung jari.

Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menyikapi keras dengan catatannya itu, yaitu daripada hanya menjadi lembaga usaha yang menumpang tapi tidak memberikan kontribusi, lebih baik agar ditindak tegas.

“BUMD yang tidak kompeten harusnya diliquidasi, yang hanya jadi benalu lebih baik dihapus saja. Dari 13, baru tiga BUMD saja yang memberikan kontribusi,” tegas Sekretaris Fraksi PDIP Yunandar di Bandung, Rabu (23/12/2015).

Dia menjelaskan, tiga BUMD yang mampu memberikan kontribusi itu berada di sektor perbankan dan bidang jasa, kendati 10 badan usaha lainnya masih membutuhkan subsidi.

“Selain dari ketiga BUMD ini tidak produktif,” tegas  Yunandar yang juga Anggota Komisi II itu.

Karena itu, dia menuturkan, fraksinya berencana memberikan masukan kepada Gubernur Jawa Barat agar menindak tegas dengan melikuidasi saja BUMD bila memang benar adanya menjadi benalu bagi pemerintah.

“Buat apa dipertahankan, kita akan memberikan masukan kepada gubernur agar melikuidasi BUMD yang tidak produktif,” katanya.

(Adi/Glh)

There are no comments yet