Penetapan Geopark Ciletuh, Aher : Langkah Awal Ciptakan Karya Besar

0
18

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, kawasan wisata Ciletuh Sukabumi menjadi Geopark Nasional merupakan langkah awal ciptakan karya besar.

Hal tersebut ditegaskan disela-sela acara penyerahan sertifikat kawasan Ciletuh Kabupaten Sukabumi sebagai Geopark Nasional dari Komisi Nasional Untuk Unesco (KINIU) di aula Timur Gedung Sate Bandung.

“Ini (Ciletuh) adalah proyek besar. Ini paling cepat untuk sebuah karya besar,” tegas Aher di Gedung Sate Jalan Dipenegoro Bandung, Selasa (22/12/2015).

(Foto: Adi)
Penyerahan sertifikat kawasan Ciletuh Kabupaten Sukabumi sebagai Geopark Nasional dari Komisi Nasional Untuk Unesco (KINIU) di aula Timur Gedung Sate Bandung (Foto: Adi)

Kendati demikian, untuk mewujudkan hal tersebut, Aher mengimbau agar semua stake holder dan masyarakat bersinergi mengembangkan dan mengelola setiap potensi demi menumbuhkan kualitas hidup dengan benar dan bertanggung jawab.

“Status ini bersifat relatif. Kalau tidak diurus, sertifikat ini bisa dicabut. Karena itu, harus ada keikhlasan dan keselarasan,” tegasnya.

Pengembangan kawasan Geopark Ciletuh meliputi dua Kecamatan, yaitu Ciemas dan Ciracap dengan luas area kurang lebih mencapai 36.000 hektare. Selain itu, ada pengembangan kawasan Geopark Ciletuk sebagai Geopark Nasional dan UNESCO Global Geopark.

Pada pengembangan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan delegasi tim ahli dari berbagai Kementrian yaitu ESDM, Menkomaritim dan Perekonomian.

(Adi/Vetra)

There are no comments yet