Yakin! 2016 Mendatang, Seluruh Desa di Cisurupan Garut Optimis Miliki BUMDes

0
18

GARUT, FOKUSJabar.com: Kepala Desa Cisurupan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Mumad Setiawan optimistis tahun depan (2016) seluruh Desa di Cisurupan sudah mempunyai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurutnya, BUMDes sebuah lembaga usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Desa dalam upaya memperkuat perekonomian dan dibentuk berdasarkan kebutuhan serta potensi yang ada.

“ Badan usaha ini sumber dananya dari Desa sebesar 51 persen dan 49 persen dari masyarakat melalui penyerataan modal (saham atau andil),” kata Mumad yang juga Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kecamatan Cisurupan, Sabtu (19/12/2015).

Operasionalisasinya menggunakan falsafah bisnis yang berakar dari budaya lokal bidang usaha yang dijalankan berdasarkan pada potensi dan informasi pasar.

Keuntungan yang diperoleh tentu saja untuk meningkatkan kesejahteraan anggota (penyetara modal) dan masyarakat melalui kebijakan Desa yang difasilitasi oleh Pemprov, Pemkab dan Pemerintahan Desa.

“ Operasionalisasi dikontrol secara bersama oleh BPD, Pemerintah Desa dan anggota,” ujarnya.

Selain itu, BUMDes merupakan lembaga ekonomi yang modal usahanya dibangun atas inisiatif masyarakat dan menganut asas mandiri.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan BUMDes dapat mengajukan pinjaman modal kepada pihak luar. Semisal dari Pemerintah Desa atau pihak ketiga lainnya.

(Bambang Fouristian/Glh)

There are no comments yet