Wagub : Penggunaan IT Harus Diaplikasikan di Lingkungan Petani

0
58

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) mengatakan, tujuan didirikannya pasar induk pangan di daerah yaitu, terciptanya perubahan pola manajeman dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Mengingat saat ini komoditas pangan lebih banyak dikirim ke pasar-pasar induk Jakarta, maka Demiz pun menghimbau agar stakeholder memprioritaskan inovasi manajeman ketahanan pangan dan penumbuhan tingkat perekonomian daerah.

“Jangan semua ke pasar induk (Jakarta). Intinya kita butuh data. Maka informasi dari Posluhdes (Pos Penyuluh Desa) itu penting. Mengirim data, pake handphone aja kan bisa,” kata Demiz di Bandung, Sabtu (19/12/2015).

Demiz juga menghimbau agar produksi komoditas jangan sampai terjadi kekosongan. Karena selama ini, lanjutnya, ada proses sambung data yang terputus dari tingkat petani sampai ke pemerintah.

“Jangan sampai petani ketika menanam tomat, tomat semua. Jadinya surplus, hancur, busuk semua. Kita kan selama ini cuma dikira – kira, ‘cenah’, katanya, repot kan? Ujung – ujungnya repot petani. Saya kira intinya IT (teknologi informasi),” tegasnya.

(Adi/Vetra)

There are no comments yet