Tagana Cimahi Khawatir Terjadi Patahan Lembang

0
78

CIMAHI, FOKUSJabar.com : Pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) Cimahi, Nana Sutiana mengatakan, selama ini di wilayah Kota Cimahi belum ada bencana alam yang berskala besar.

Hanya saja, salah satu bencana yang paling dikhawatirkan adalah terjadinya pergeseran patahan lembang.

“Untuk bencana banjir, di Cimahi tidak ada banjir skala besar, hanya dalam kategori genangan karena banjir cileuncang saja, itu pun karena memang posisi Cimahi dibawah, dan airpun datang dari daerah atas,” kata Nana, Sabtu (19/12/2015).

Dilanjutkan Nana, begitu pun dengan bencana longsor, walaupun ada sejumlah daerah rawan di Cimahi wilayah tapi itu skalanya kecil. Sebab, daerah Cimahi tidak ada tebing-tebing terjal ataupun galian C.

“Bencana yang dikhawatirkan di Cimahi ya itu tadi, paling pergeseran patahan Lembang. Karena kita posisi Cimahi berada di jalur patahan juga,” jelasnya.

Kendati tidak ada bencana yang signifikan, Nana mengaku, para anggota Tagana akan tetap siaga di musim penghujan saat ini. Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan dinas terkait deperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Selama ini kita selalu lakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengantisipasi adanya bencana alam yang bisa terjadi kapan dan dimana pun,” tukasnya.

(Gatot/Vetra)

There are no comments yet