Pelaku UKM Menjadi Tonggak MEA 2016

0
23

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Jelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2016, persiapan pelaku ekonomi kategori menengah dan bawah di Jawa Barat terus digenjot agar memiliki kualitas daya saing.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjelaskan, kesiapan pelaku ekonomi khususnya kategori Usaha Kecil Menengah (UKM) akan terus dibina.

“Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Kita persiapkan terus menerus, seperti sertifikasi tenaga kerja, kualitas produk kita siapkan, khususnya produk UKM,” katanya, Sabtu (19/12/2015).

Gubernur yang akrab disapa Aher itu menegaskan, bagi para pelaku kelas menengah ke atas dipastikan tidak akan mendapatkan pembinaan. Pasalnya, kategori tersebut sudah mempunyai kepiawaian tertentu dalam persaingan pasar.

“Kalau produk corporate besar, saya kira gak perlu diajarin. Mereka sudah tahu bagaimana bersaing dengan baik,” tegasnya.

Menurut Aher, yang harus mendapat perhatian itu adalah pelaku ekonomi di daerah yang menunjang bagi pembangunan. selain itu, basic soft skill juga ditelkankan agar dimiliki para pelaku UKM dalam menyambut MEA 2016 mendatang.

“Yang harus dipersiapkan dengan baik itu, adalah ekonomi masyarakat yang masuk kategori ekonomi kecil dan menengah. Termasuk keahlian berbagai bidang profesi,” jelasnya.

(Adi/Vetra)

There are no comments yet