Jabar Ingin Tingkatkan Produksi Padi Seraya Jaga Kepentingan Lahan Masyarakat

0
32

BANDUNG BARAT, FOKUSJabar.com: Kementerian Pertanian RI memberikan target produksi gabah kering padi kepada Provinsi Jawa Barat sebesar 12,068 juta ton untuk musim tanam 2015-2016. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan berbagai langkah agar produksi tanaman padinya terus meningkat setiap tahunnya.

Usai melakukan Gerakan Tanam Padi Serentak Musim Tanam 2015-2016 di Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat pada Senin (7/12), Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk meningkatkan produksi padinya, seperti mempertahankan jumlah lahan pertanian, perbaikan irigasi, dan intensifikasi pertanian.

“Pertama, kita mempertahankan lahan yang ada. Jika memungkinkan kita menambah lahan, lahan yang ada jangan sampai berubah fungsi. Kemudian mudah-mudahan kita bisa menambah lahan yang baru. Kita sudah berusaha di kawasan selatan menambah lahan baru ada sekitar 1.000 atau 2.000 hektar,” ungkap Aher usai acara kepada awak media.

Langkah kedua, Aher mengatakan pihaknya melakukan intensifikasi dengan cara menambah bobot produktifitas padi yang asalnya hanya bisa memproduksi 5,9 ton per hektar menjadi 8 ton per hektar melalui pemupukan, pengairan, dan perawatan yang baik.

“Cara lain dengan intensifikasi dalam bentuk indeks panen ditambah. Jawa Barat kan dibagi dua, kawasan tengah selatan dan utara. Jumlah sawah kita di selatan itu 20 persen tapi uniknya indeks panennya 2,8 kali setiap tahun,” katanya.

Sementara di utara lahan 80 persen tapi indeks panennya 1,8 kali per tahun. Oleh karena itu ke depan, cara lain meningkatkan kapasitas produksi Jawa Barat supaya tetap paling tinggi dan paling banyak, bahkan bisa meningkat, maka di kawasan utara ditingkatkan intensitas atau indeks panennya.

Cara tersebut, sambung dia, bisa dilakukan melalui perbaikan irigasi. Mulai akhir tahun 2014 hingga 2015 ini, perbaikan irigasi telah dilakukan secara signifikan, sehingga Aher berharap tahun depan ada peningkatan lebih tinggi lagi dari hasil produksi padi di Jawa Barat.

 

Lin

There are no comments yet