Pemprov Jabar Lobi Unpad Dirikan Kampus di Pangandaran

0
13

PANGANDARAN, FOKUSJabar.com: Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkeinginan mendirikan perguruan tinggi negeri (PTN) di Kabupaten Pangandaran.

Universitas Padjadjaran (Unpad) adalah PTN yang tengah dilobi oleh Pemprov Jabar agar mau mendirikan kampus di luar domisili. Hal itu dilakukan untuk merangsang masyarakat di kawasan itu agar mengenyam pendidikan tinggi.

“Ini sudah direncanakan sejak lama dan kita sudah meminta ke Unpad,” kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) di Pangandaran, Selaaa (1/12/2015).

Dia menegaskan bahwa peningkatan kualitas manusia harus merata, dan tidak hanya terpusat di Bandung (Ibukota).

Dia mencontohkan Jawa Timur yang memiliki banyak perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.

“Di kita (Jabar) harus lebih dari itu. Perencanaan kurikulumnya disesuaikan dengan kebutuhan daerah setempat, seperti perikanan dan pertanian,” tuturnya.

Target pendirian PTN Unpad di luar domisili ini akan semakin melengkapi daftat penyebaran PTN di daerah-daerah luar ibukota.

Tahun depan (2016), Pemprov Jabar telah sepakat dengan ITB mendirikan kampus di Cirebon dan Bekasi, dan IPB di Sukabumi.

Tahun lalu (2014), Pemprov pun telah mendorong terwujudnya empat PTN. Dua universitas swasta diubah menjadi negeri, yakni Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya dan Universitas Karawang (Unsika). Kemudian mendirikan politeknik negeri di Kabupaten Subang dan Kabupaten Indramayu.

(LIN)

There are no comments yet