Miniatur Kereta Api Ini Terkeren Se-Indonesia 

0
159

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com :  Objek wisata Floating Market yang berada di Desa Lembang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat  kembali membuka wahana baru untuk memanjakan para pengunjung yang datang. Wahana baru yang diberikan nama taman miniatur kereta api tersebut diklaim miniatur pertama kalinya yang ada di Indonesia.

Pengelola Wahana Taman Miniatur Kereta Api Floating Market, Kustiawan Sukarja menyatakan, hadirnya taman miniatur kereta api ini bertujuan untuk memberikan wahana baru agar para pengunjung tidak bosan dengan wahana yang ditawarkan selama ini. Selain itu, wahana taman miniatur ini memberikan edukasi kepada semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pentingnya lalulintas  kereta api.

“Awal ide ini untuk memberikan edukasi juga bagi masyarakat yang datang. Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pengoperasian kereta api dan seringkali disalahkan jika terjadi kecelakaan, jelas kereta api tidak salah karena tidak dapat mengerem pada saat melaju cepat,” kata Kustiawan saat dijumpai FOKUSJabar.com,Minggu(29/11/2015).

Dia menjelaskan, taman miniatur kereta api ini memiliki luas kurang lebih 2000 m2 yang dilengkapi rel, stasiun, jembatan, bangunan yang menggambarkan landscape pegunungan di daerah Padalarang. Sehingga masyarakat juga akan melihat jembatan Cikubang, jembatan Cilatur, Stasiun Padalarang, Stasiun Cilame, Pabrik Kapur, dan Depot BBM Padalarang. “Secara konsep memang menceritakan kondisi perkeretaapian di wilayah Bandung Barat tepatnya di Padalarang,” katanya.

Lebih jauh dia menjelaskan, dengan panjang rel kurang lebih 500 meter yang memiliki jalur tunggal dan ganda serta memiliki percabangan sebanyak 40 buah. Lalu juga memiliki rangkaian kereta api menyerupai kereta api yang melintasi Bandung-Jakarta. “Ada 10 rangkaian kereta api yang dioperasikan dengan menggunakan remot kontrol secara otomatis dengan komputer,” paparnya sambil menyebutkan tiket harga masuk sebesar Rp25 ribu/orang.

(Tri/MSU)

There are no comments yet