Kesbang Kota Cimahi : Besaran Dana Parpol Pasti Berbeda

0
33

CIMAHI, FOKUSJabar.com : Kepala Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Cimahi Totong Solehudin mengatakan, terkait besaran dana yang diterima masing-masing parpol tentu saja berbeda-beda, tergantung dari seberapa banyak suara yang diperoleh.

“Yang pasti, satu suara dihitung Rp669 rupiah dikalikan dengan jumlah perolehan suara. Untuk data mengenai jumlah suara, kan datanya ada di KPU. Sedangkan legalitas siapa yang berhak menerima itu kajian dari bagian hukum,” kata Totong, Jumat (30/10/2015).

Totong menjelaskan, dana bantuan keuangan parpol ini merupakan wujud implementasi UU Nomor 83 Tahun 2012 Tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik. Juga Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 26 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang Pedoman Tata cara Penghitungan, Penganggaran Dalam APBD, Pengajuan, Penyaluran, dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan Bantuan Keuangan Partai Politik.

Sejatinya, bantuan keuangan parpol ini digunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik dan operasional sekretariat partai politik bukan kegiatan yang lain.

“Pencairan dilakukan bisa secara serentak ataupun dilakukan perorangan. Tergantung proses penyelesaian administrasinya selesai,” tukasnya.

(Gatot/Vetra)

There are no comments yet