Aher : Waduk Jatigede Berpotensi Aliri 90 Ribu Hektar Sawah

0
57

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan, jika waduk Jatigede sudah berfungsi berpotensi dapat mengaliri 90 ribu hektar sawah di Kawasan Pantura.

Demikian dikatakan Aher di Kampus Unpad Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Rabu (29/7/2015).

“Kawasan Cirebon, Majalengka, Indramayu yang biasanya panen maksimal dua kali, maka ke depan bisa dimaksimalkan lagiĀ  plus insya allah dalam musim kering tidak akan ada kekeringan, itu fungsi jati gede ya,” ucapnya.

Selain itu, Aher menuturkan, ke depannya Waduk Jatigede selain berfungsi dalam ketahanan pangan untuk Jawa Barat ada juga fungsi pariwisatanya.

“Nanti itu ada juga fungsi perikanan juga ada fungsi ekologi juga karena insya allah pengalaman kita tentu pada pengelolaan Jati luhur, Cirata dan Saguling akan kita adobe ya menjadi pengalaman yang berharga,” katanya.

Aher menuturkan, pihaknya ke depan akan benar-benar menata sisi hulu hingga hilir Cimanuk agar bisa bermanfaat bagi masyarakat di Jawa Barat.

“Itu kita akan tata dengan baik, sehingga betul-betul menjadi sebuah keberkahan bukan menjadi masalah, di hulu kita tata supaya terus hijau kemudian ke hilirnya kita tata juga supaya terus baik. Sehingga insya allah yang di datangkan diakibatkan oleh kehadiran Jatigede adalah kemanfaatan bukan keburukan,” tuturnya.

(Budi/den)

There are no comments yet