Dibalik Mitos Jembatan Cirahong yang Menyeramkan

1
698

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Jembatan Cirahong yang membentang sepanjang 202 meter, sudah lama dikait-kaitkan dengan cerita aneh berbau mistis dan menyeramkan. Selalu ada cerita baru, dan mitos baru yang menyebar dari mulut ke mulut tentang kejadian-kejadian aneh yang menyeramkan di Jembatan Cirahong.

Jembatan Cirahong Kabupaten Ciamis
Jembatan Cirahong Kabupaten Ciamis

Ada cerita, jembatan itu disebut-sebut sebagai pembuangan mayat, tempat percobaan bunuh diri, hingga cerita penampakan dan tangisan di malam hari. Namun semua cerita itu oleh warga sekitar dianggap sebagai mitos belaka.

Dibalik semua cerita seram itu justeru Jembatang Cirahong yang merupakan peninggalan Penjajah Belanda menyimpan pesona alam yang indah. Tak sedikit orang-orang sengaja datang bukan sekadar menyebarang, tetapi hendak menikmati pemandangan, sekadar duduk-duduk di warung-warung kecil di pinggiran mulut jembatan.

Salah seorang warga setempat, Taufik mengatakan, mengenai mitos – mitos dan cerita mistis yang beredar di masyarakat Ciamis maupun Tasikmalaya harusnya disikapi secara logika dan bijaksana oleh masyarakat luas. Cerita itu jangan dibesar-besarkan. Karena akan membuat orang tak mau bersantai dan menikmati keindahan Cirahong.

” Kejadian – kejadian aneh itu sebenarnya banyak juga terjadi ditempat lain, bukan hanya di sini. Tapi kenapa dibesar-besarkan, mungkin karena Jembatan Cirahong kental dengan sejarahnya yang dibuat oleh orang Belanda pada zaman penjajahan, jadi kebanyakan orang menghubung – hubungkanya dengan hal itu,” kata Taofik di kediamanya, Rabu (22/4/2015).

Taufik menjelaskan, Jembatan yang memhubungkan Tasik dan Ciamis tersebut memiliki panorama yang indah dan unsur sejarah yang bisa ditelusuri lebih dalam sebagai peninggalan leluhur.

Sampai saat ini kata Toeufik, memang belum ada kepastian tentang kebenaran asal muasal pembuatan jembatan Cirahong yang diperkirakan berdiri lebih dari 200 tahunan itu.

Namun dengan panorama yang indah, keragaman cerita rakyat, dan sejarah turun temurun yang ada, Jembatan Cirahong dapat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah yang refresentatif untuk warga Ciamis maupun Tasikmalaya.

“Tinggal dibuat fasilitas pendukung di sekitarnya, ”  paparnya.

(Riza M Irfanyash/ DEN)

One comment

  • Karena keunikan dan keindahan panorama yang ada di sekitarnya, jembatan ini menjadi destinasi wisata bagi warga setempat. Biasanya setiap minggu pagi, banyak warga yang sengaja berolah raga dengan bejalan kaki menuju ke Jembatan.