Share This Post

Google1GoogleYahooBlogger

Logo-fokus-ginding

Portal berita digital ini berada di bawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat, dengan operasional teknis harian dilaksanakan oleh Koperasi PWI Jabar.

Berdiri sejak 1 November 2012, FOKUSJabar.com adalah kanal informasi di Jawa Barat yang Kritis, Positif dan Etis, seiring kehadiran sekitar 1.400 anggota PWI Jabar yang umumnya siap mengabarkan informasi terdepan dari seluruh pelosok.

FOKUSJabar.com hadir bukan sekedar dengan kuantitas personel tadi, namun juga bertekad memberikan informasi terkini seputar Jabar yang penting, relevan dan bermanfaat.

Juga,akan menyajikan pelbagai informasi ringan yang beda, kreatif, dan mencerahkan guna menyeimbangkan kebutuhan informasi netizen (internet citizen).

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Jabar juga diproyeksikan akan memiliki netizen paling banyak.

Karena itulah, jejaring informasi yang terluas, terbesar namun bertanggungjawab menjadi pijakan FOKUSJabar.com. Hari ini, esok dan selamanya.


Banner960x126

Pilkada Bandung, Pertarungan Dua Kandidat Ayi dan Ridwan

Oleh: Hari Brahma

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Lembaga survey Indonesia Research Center (IRC) menyimpulkan Pilkada Kota Bandung tahun ini akan menjadi pertarungan antara dua calon, yakni Pasangan nomor urut 5 Ayi Vivananda-Nani Suryani dan nomor urut 4, Ridwan Kamil-Oded MD.

PILWALKOT 2013 2.jp

 

Peneliti IRC, Natalia Christanto menjelaskan, berdasarkan  survey kepada 500 responden dengan margin eror 4,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, menghasilkan data tingkat popularitas tertinggi masih dipegang oleh Ayi Vivananda dengan 50 persen disusul Ridwan Kamil 40,6 persen.

Meski begitu, tingkat akseptabilitas dan elektabilitas dipegang oleh Ridwan dengan 47,2 persen dan 23, 8 persen, sementara Ayi menempati posisi ke dua dengan 44 persen dan 20,6 persen.

“Selisih elektabilitas atau tingkat kemungkinan dipilih yang hanya  terpaut 3,2 persen, menjadikan kontestasi antara keduanya sangatlah ketat,” ucap Natalia di Site Cafe Jalan Sumur Bandung, Senin (10/6).

Dia memprediksi, pemenang pada Pilkada 23 Juni nanti ditentukan oleh siapa yang mampu memobilisasi kelompok pemilih mengambang.

“Hasil survey, perentase pemilih mengambang mencapai 33,8 persen,” pungkasnya (JAT).