Share This Post

Google1GoogleYahooBlogger

Logo-fokus-ginding

Portal berita digital ini berada di bawah naungan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Jawa Barat, dengan operasional teknis harian dilaksanakan oleh Koperasi PWI Jabar.

Berdiri sejak 1 November 2012, FOKUSJabar.com adalah kanal informasi di Jawa Barat yang Kritis, Positif dan Etis, seiring kehadiran sekitar 1.400 anggota PWI Jabar yang umumnya siap mengabarkan informasi terdepan dari seluruh pelosok.

FOKUSJabar.com hadir bukan sekedar dengan kuantitas personel tadi, namun juga bertekad memberikan informasi terkini seputar Jabar yang penting, relevan dan bermanfaat.

Juga,akan menyajikan pelbagai informasi ringan yang beda, kreatif, dan mencerahkan guna menyeimbangkan kebutuhan informasi netizen (internet citizen).

Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, Jabar juga diproyeksikan akan memiliki netizen paling banyak.

Karena itulah, jejaring informasi yang terluas, terbesar namun bertanggungjawab menjadi pijakan FOKUSJabar.com. Hari ini, esok dan selamanya.

Harga Kebutuhan Pokok di Bandung, Merangkak Naik

Oleh: M. Jatnika Sadili

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Menjelang bulan Ramdhan, harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Bandung merangkak naik.

Seperti harga beras, Cianjur dan Sumedang yang semula dijual Rp7.800 per kilo gram, kini naik menjadi Rp8.650 per kilo gram.

“Kebutuhan sembako naik semua, bukan beras saja, cabai sampai petei pun naik,” kata Marsinah warga Cibiru di Pasar Ujungberung, Minggu (9/6).

Kenaikan juga terjadi pada harga telur yang kini naik dari Rp15.500 per kilogram menjadi Rp17.500 per kilogram. Disusul harga sayuran yang kenaikannya mencapai 20 persen.

Begitu juga harga gula pasir kini harganya sudah mencapai Rp13.250 per kilogram, atau naik hampir di atas 20 persen dibanding pekan sebelumnya, yang hanya dijual Rp1.500 per kilogram.

Tidak hanya itu, petai pun ikut langka, harganya pun melonjak menjadi Rp5000 per tangkai, padahal harga biasanya Rp 1.500 per tangkai.

Harga cabai merah di Pasar Kosambi saat ini juga naik sekitar 70 persen, dari harga sebelumnya Rp20.000 per kilo gram.

Pedangang cabai di Pasar Ujungberung, Mimin mengatakan harga jual cabai merah menebus Rp34.000 per kilo gram sedangkan untuk harga belinya Rp32.000 per kilo gram.

“Sudah sekitar satu bulan ini, bukan Cuma cabai, hampir merata kebutuhan pokok naik,” terangnya.

Data yang terhimpun FOKUSJabar.com di Pasar Kosambi, Andir, Sayati, Caringin dan Ujungberung, kenaikan berbagai jenis beras hampir merata, atau naik mendekati angka 10 persen. Bahkan, di tingkat warung pengecer kanaikannya mencapai di atas 10 persen. (**)