Jumat, 12 Februari 2016
Search

Cetarrr! Kue Balok Setengah Matang Ala Kang Didin di Pajajaran, Bandung (Bagian I)

Oleh: Muhammad Sufyan

BANDUNG, FOKUSJABAR.COM: Entah ‘ulah’ siapa yang menghadirkan kue balok –kadang disebut juga kue jibeuhh/hiji oge sebeuh— di Tatar Sunda ini, namun sejarah kali ini tak begitu penting.

Sebagian menyebutnya berasal dari Garut, tapi banyak juga yang bersikukuh asli dari Bandung. Namun otentikasi historis ini tak lagi relevan jika menyantap kue balok setengah mateng Kang Didin asal Pajajaran, Kota Bandung.

Sebelah kiri, kue balok setengah matang rasa keju dan kue balok matang coklat ditemani wedang ronde. (Foto: Muhammad Sufyan)

Sebelah kiri, kue balok setengah matang rasa keju dan kue balok matang coklat ditemani wedang jahe. (Foto: Muhammad Sufyan)

 

Berlokasi depan sebuah bengkel ban mobil dan persis depan Bimbingan Belajar SSC (atau sekira 2 km dari lampu Merah menuju Bandara Hussein Sastranegara), kue balok yang satu ini layak disebut sebagai jawara-nya di Kota Kembang.

Betapa tidak. Dengan ukuran sekitar 5cm x 2cm, balok ini memang lebih mungil dari biasanya. Namun, panggangan yang pas dipadu rasa yang tak begitu giung, malah bisa membuat orang doyan menyantap kue yang disebut-sebut ‘satu saja sudah kenyang’ ini.

Tak bikin eneg, tidak benar-benar membuat kenyang, karena kelezatannya cenderung bikin orang ingin makan lagi. Memang paling pas datang ke sini dengan perut sepenuhnya kosong, jadi si balok terigu satu ini jadi pengganti nasi. Toh sama-sama karbohidrat.

Kios yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini memang memperlihatkan jam terbang mereka dalam membuat kue balok. Takaran api yang pas menjadi kunci mengapa rekahan terigu kue balok satu ini demikian menggiurkan liur.

Rekahan tersebut kemudian dibalur  cairan kombinasi keju, susu cair manis, dan (mungkin) sedikit adonan kue di atasnya. Walhasil, kue balok setengah matang di sini, menurut penulis, lebih direkomendasikan daripada yang sudah matang betul.

Begitu disantap, sensasi cairan memenuhi mulut dicampur “daging” kue-nya itu sendiri. Ini membuat tenggorokan tak langsung penuh dan menghantarkan efek kenyang ke otak, seperti ketika kita makan kue balok matang pada umumnya.

Si setengah matang ini juga terasa jadi lebih lembek disantap. Ya, semacam kalau kita makan nasi ditemani semangkuk kuah sup. Inilah yang membuat geraham kita tak perlu ekstra kerja selayaknya kita makan kue balok konvensional.

Parade kua balok Kang Didin di Jalan Abdurahman Saleh/Pajajaran Kota Bandung. (Foto: Muhammad Sufyan)

Parade kue balok Kang Didin di Jalan Abdurahman Saleh/Pajajaran Kota Bandung. (Foto: Muhammad Sufyan)

 

Memang semua akan bergantung selera. Namun pengalaman menyantap kue balok di berbagai kota di Jabar membuat pengalaman bersantap yang setengah matang di Kang Didin terasa lebih cetarr daripada  yang biasa.

Terlebih, ini juga menariknya, yang setengah matang ini dibanderol hanya Rp1.500 oleh Tomy Maulana (anak Kang Didin yang jadi penerus penjualan) sementara yang matang Rp2.500 per buah.

Variasi topping sendiri sudah mereka pikirkan. Jadi, baik versi setengah maupun matang, ada tawaran selain kue balok polos, juga ada rasa keju, coklat, kacang, kismis, hingga selai strawberry. Ajibb pisan! 

Tentu saja, kios yang buka dari sore hingga rata-rata jam 02.00 ini, tak lupa menyertakan sejumlah minuman pelengkap yang pas mengusir malam berangin sepi nan galau di malam hari. Mulai dari kopi, teh manis, wedang jahe, teh telur, dst.

 

Jika kawan hendak malam mingguan yang syahdu tapi tak menguras bujet, bolehlah lokasi wisata kuliner ini dilirik. Tersedia meja kursi  sekedarnya di pinggir jalan yang cocok untuk mengobrol ngalor ngidul. Tentu, sambil santap kue balok setengah matang… (**)

 

 

 

Jangan Lupa Bagikan Artikel ini :
  • Facebook
  • email
  • StumbleUpon
  • LinkedIn
  • Myspace
  • Reddit
Testimoni PT XL AXIATA Cirebon Kota Seduluruh Kabeh Iklan Ciamis



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

stop

Berani Mencuri Listrik? Akan Dipenjara 2,5 Tahun!

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Akhir-akhir ini terkuak sudah empat tersangka yang terbukti mencuri listrik dan merugikan negara hingga Rp167 miliar. Kasus ini memang bukan...

Selengkapnya
Ambil Alih MU, Mourinho Akan Depak Mata dan Fellaini?

Ambil Alih MU, Mourinho Akan Depak Mata dan Fellaini?

INGGRIS, FOKUSJabar.com: Jose Mourinho dikabarkan tengah mengadakan perundingan dengan pihak klub Manchester United untuk ambil alih pekerjaan Louis van Gaal pada akhir...

Selengkapnya
Heboh Stiker LGBT di LINE, Ini Tanggapan Kominfo

Heboh Stiker LGBT di LINE, Ini Tanggapan Kominfo

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Fenomena Lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) kini tengah marak menjadi perbincangan di tanah air. LGBT yang kini gencar dipromosikan...

Selengkapnya
1mosquito

Kenali Gejala dan Cara Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Musim hujan yang sedang melanda Indonesia, membuat sejumlah penyakit bertebaran. Salah satunya adalah penyakit demam berdarah yang sudah...

Selengkapnya
Ilustrasi (Tempo.co)

Pemprov Jabar Cari Penyebab dan Antisipasi Gelombang PHK

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Menghadapi gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dari sejumlah perusahaan ternama, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan pantau penyebabnya...

Selengkapnya
Ketua DPRD Pangandaran Iwan M Ridwan / Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jihad.

Menunggu Jihad di Perbatasan, Warga Pangandaran Takan ke Gedung Sate

CIAMIS, FOKUSJabar.com : Adanya kabar bahwa sedikitnya 50 bus sudah disiapkan untuk mengantarkan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran pasangan Jihad (Jeje...

Selengkapnya
Mengkonsumsi Air Tebing Ratusan Warga Panawangan Terserang Diare. (Foto: Husen)

Minum Air Tebing, Ratusan Warga di Panawangan Terkena Diare

CIAMIS, FOKUSJabar.com:  Sedikitnya 135 orang warga Dusun Sudimara Desa/Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis mengalami diare. Diduga diare menyerang setelah warga...

Selengkapnya
Aktivitas bongkar muat batu bara di Pelabuhan II Cirebon. Panji

Politik Tingkat Atas Sebabkan Batu Bara Sulit Ditutup

CIREBON, FOKUSJabar.com: DPRD Kota Cirebon memastikan ada kekuatan politik yang lebih besar sehingga mempengaruhi pemerintah pusat enggan menutup aktivitas bongkar muat...

Selengkapnya
Ilustrasi (web)

Aher Antisipasi Bencana Longsor di Selatan Jabar

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Kawasan Jawa Barat bagian selatan, mulai Pangandaran, Garut, Cianjur hingga Sukabumi menjadi daerah rawan bencana, dan Pemerintah Jawa Barat...

Selengkapnya
Longsor Citatah (Foto: Tri)

Jalan Nasional Bandung-Cianjur Terancam Putus

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com : Jalan nasional yang menghubungkan Bandung-Cianjur terancam putus akibat bencana longsor di pinggir Jalan Raya Bandung-Cianjur, tepatnya...

Selengkapnya