Rabu, 29 Juli 2015
Search

Cetarrr! Kue Balok Setengah Matang Ala Kang Didin di Pajajaran, Bandung (Bagian I)

Oleh: Muhammad Sufyan

BANDUNG, FOKUSJABAR.COM: Entah ‘ulah’ siapa yang menghadirkan kue balok –kadang disebut juga kue jibeuhh/hiji oge sebeuh— di Tatar Sunda ini, namun sejarah kali ini tak begitu penting.

Sebagian menyebutnya berasal dari Garut, tapi banyak juga yang bersikukuh asli dari Bandung. Namun otentikasi historis ini tak lagi relevan jika menyantap kue balok setengah mateng Kang Didin asal Pajajaran, Kota Bandung.

Sebelah kiri, kue balok setengah matang rasa keju dan kue balok matang coklat ditemani wedang ronde. (Foto: Muhammad Sufyan)

Sebelah kiri, kue balok setengah matang rasa keju dan kue balok matang coklat ditemani wedang jahe. (Foto: Muhammad Sufyan)

 

Berlokasi depan sebuah bengkel ban mobil dan persis depan Bimbingan Belajar SSC (atau sekira 2 km dari lampu Merah menuju Bandara Hussein Sastranegara), kue balok yang satu ini layak disebut sebagai jawara-nya di Kota Kembang.

Betapa tidak. Dengan ukuran sekitar 5cm x 2cm, balok ini memang lebih mungil dari biasanya. Namun, panggangan yang pas dipadu rasa yang tak begitu giung, malah bisa membuat orang doyan menyantap kue yang disebut-sebut ‘satu saja sudah kenyang’ ini.

Tak bikin eneg, tidak benar-benar membuat kenyang, karena kelezatannya cenderung bikin orang ingin makan lagi. Memang paling pas datang ke sini dengan perut sepenuhnya kosong, jadi si balok terigu satu ini jadi pengganti nasi. Toh sama-sama karbohidrat.

Kios yang sudah berdiri sejak tahun 1967 ini memang memperlihatkan jam terbang mereka dalam membuat kue balok. Takaran api yang pas menjadi kunci mengapa rekahan terigu kue balok satu ini demikian menggiurkan liur.

Rekahan tersebut kemudian dibalur  cairan kombinasi keju, susu cair manis, dan (mungkin) sedikit adonan kue di atasnya. Walhasil, kue balok setengah matang di sini, menurut penulis, lebih direkomendasikan daripada yang sudah matang betul.

Begitu disantap, sensasi cairan memenuhi mulut dicampur “daging” kue-nya itu sendiri. Ini membuat tenggorokan tak langsung penuh dan menghantarkan efek kenyang ke otak, seperti ketika kita makan kue balok matang pada umumnya.

Si setengah matang ini juga terasa jadi lebih lembek disantap. Ya, semacam kalau kita makan nasi ditemani semangkuk kuah sup. Inilah yang membuat geraham kita tak perlu ekstra kerja selayaknya kita makan kue balok konvensional.

Parade kua balok Kang Didin di Jalan Abdurahman Saleh/Pajajaran Kota Bandung. (Foto: Muhammad Sufyan)

Parade kue balok Kang Didin di Jalan Abdurahman Saleh/Pajajaran Kota Bandung. (Foto: Muhammad Sufyan)

 

Memang semua akan bergantung selera. Namun pengalaman menyantap kue balok di berbagai kota di Jabar membuat pengalaman bersantap yang setengah matang di Kang Didin terasa lebih cetarr daripada  yang biasa.

Terlebih, ini juga menariknya, yang setengah matang ini dibanderol hanya Rp1.500 oleh Tomy Maulana (anak Kang Didin yang jadi penerus penjualan) sementara yang matang Rp2.500 per buah.

Variasi topping sendiri sudah mereka pikirkan. Jadi, baik versi setengah maupun matang, ada tawaran selain kue balok polos, juga ada rasa keju, coklat, kacang, kismis, hingga selai strawberry. Ajibb pisan! 

Tentu saja, kios yang buka dari sore hingga rata-rata jam 02.00 ini, tak lupa menyertakan sejumlah minuman pelengkap yang pas mengusir malam berangin sepi nan galau di malam hari. Mulai dari kopi, teh manis, wedang jahe, teh telur, dst.

 

Jika kawan hendak malam mingguan yang syahdu tapi tak menguras bujet, bolehlah lokasi wisata kuliner ini dilirik. Tersedia meja kursi  sekedarnya di pinggir jalan yang cocok untuk mengobrol ngalor ngidul. Tentu, sambil santap kue balok setengah matang… (**)

 

 

 



Kontak Iklan Fokus Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


empat × = 12

Baca Juga Berita Pilihan Redaksi

internet+down

Windows 10 Membuat Internet di Seluruh Dunia ‘Down’?‏

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Microsoft sangat serius dalam merilis software terbaru mereka Windows 10. Untuk kelancaran proses download dan upgrade saja, mereka...

Selengkapnya
Foto Terakhir Selebriti Ternama Sebelum Tragedi Kematian (Bag III-Habis)

Foto Terakhir Selebriti Ternama Sebelum Tragedi Kematian (Bag III-Habis)

BANDUNG, FOKUSJabar.com: Tragedi kematian selebriti atau tokoh ternama selalu menjadi hal yang mengejutkan. Terlebih lagi apabila mereka meninggal dengan cara yang...

Selengkapnya
Nandang-Pelaku-Pembacokan-Sadis

Diduga Stress Nandang Habisi Nyawa Paman dengan Golok

CIAMIS,FOKUSJabar.com. Diduga stress Nandang ( 28 ) warga Lingkungan Yudanegara, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis, tega habisi nyawa pamanya...

Selengkapnya
waduk jatigede (foto sumber : web)

Aher : Waduk Jatigede Berpotensi Aliri 90 Ribu Hektar Sawah

BANDUNG,FOKUSJabar.com: Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyatakan, jika waduk Jatigede sudah berfungsi berpotensi dapat mengaliri 90 ribu hektar sawah di...

Selengkapnya
(foto: adi)

Jelang Medical Check Up Cabup Bandung, Alat Kesehatan Tiba – Tiba Rusak

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Penanggung jawab Medical Check Up dokter Yani Sumpena menjelaskan, proses pemeriksaan medis para bakal Calon Bupati (Cabup) Bandung sedikit...

Selengkapnya
Korban Tewas Akibat Dibacok Saat Berada Di RSUD Ciamis (Foto: Husen)

Dibacok Keponakan, Pria Separuh Baya di Ciamis Tewas

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Prisa separuh baya, Suryaman (68) warga Lingkungan Yudanegara Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, tewas mengenaskan dengan...

Selengkapnya
Ilustrasi (web)

Warga di Jalan Ampera Ciamis, Contoh Kerukunan Antar Agama

CIAMIS,FOKUSJabar.com: Jalan Ampera Kabupaten Ciamis adalah daerah yang dihuni oleh masyarakat pemeluk tiga agama berbeda. Konghucu, Katolik dan Islam dengan tiga...

Selengkapnya
Lebih dari 1000 Ahli dan Peneliti Menentang 'Robot Pembunuh'

Lebih dari 1000 Ahli dan Peneliti Menentang ‘Robot Pembunuh’

FOKUSJabar.com: Lebih dari 1.000 ahli robotica dan peneliti terkemuka di dunia menyerukan larangan tentang bahaya dari “Senjata Anonim” atau yang disebut...

Selengkapnya
DPRD Jabar Berharap GBLA Bisa Dipakai Opening Ceremony PON XIX/2016

Bareskrim Polri Minta Stadion GBLA Tidak Digunakan

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso meminta Pemerintah Kota Bandung tidak menggunakan sementara Stadion Gelora Bandung Lautan Api...

Selengkapnya
IIMS 2015 Akan Hadirkan Mobil Batman dan KITT

Wow.. IIMS 2015 Akan Hadirkan Mobil Batman dan KITT

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Akan ada terobosan baru pada gelaran pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang akan digelar 20-30 Agustus 2015 di Jl...

Selengkapnya
%d blogger menyukai ini: