Haduh, Empat dari 18 Parpol Alamat Palsu!

0
142

Oleh: Solihin

BANDUNG,FOKUSJABAR.COM:Berdasarkan permintaan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, KPU Jabar telah melakukan verifikasi faktual terhadap 18 partai politik. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 14 parpol yang telah diverifikasi oleh KPU Jawa Barat.

Demikian disampaikan Sekretaris KPU Jabar, Heri Suherman di ruang kerjanya, Jalan Garut No 11 Bandung, Jum’at (07/12).


Pihaknya mengaku, jika belum tuntasnya verifikasi parpol tersebut lantaran sulitnya menemukan alamat kantor empat partai dari 18 parpol yang harus diverifikasi.

“Kalau yang 14 parpol memang jelas alamatnya dan kami sudah memverifikasinya. Namun yang empat lagi hingga saat ini kami belum menemukan alamatnya,” kata Heri.

Alhasil, sementara kami simpulkan alamat ke empat parpol itu fiktif. Terlebih pihaknya sudah berusaha maksimal untuk menemukan alamat ke empat parpol itu, kendati begitu pihaknya enggan menyebut nama empat parpol tersebut.

“Dugaan kami saat ini, alamat yang dilampirkan itu palsu,” ujarnya.

Adapun 14 parpol yang telah diverifikasi,12 diantaranya masih harus melengkapi kekurangan persyaratan, seperti data kepengurusan dan jumlah keterwakilan perempuan.

Sebelumnya, 18 Parpol diantaranya, seperti Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI) dan Partai Republik  telah menggugat KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Atas gugatan tersebut, 18 parpol tersebut berhak mengikuti verifikasi faktual. (**)

There are no comments yet